Aksi Peduli Korem 131 Santiago di TN Bunaken

Senin, 02 November 2020

Manado, 2 November 2020. Berada di Pulau Bunaken, tepatnya Kelurahan Alung Banua, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado, jajaran Korem 131 Santiago melaksanakan aksi peduli dalam pelestarian lingkungan pada Sabtu (31/10). Gelaran aksi peduli pelestarian lingkungan tersebut dengan kegiatan penanaman karang dengan konsep MARSS, pembinaan habitat predasi karang (Acantaster planci) dan pengangkatan sampah diperairan sekitar Alung Banua. Sebanyak 36 orang jajaran dari Korem 131 Santiago terlibat dalam kegiatan ini.

Selain itu, sebanyak 4 orang penyelam dari Korem 131 Santiago juga dilibatkan dalam monitoring pertumbuhan karang hasil transplantasi dengan Metode MARSS di sekitar perairan Mandolin dan Tawara. Pertumbuhan karang transplansi menunjukan hasil yang signifikan dari tahun 2018 dan 2019, di tahun 2020 rata-rata panjang 20 cm dari 10 cm diawal transplant untuk genera Acropora branching, dan Genera Acropora Tabulate dari panjang 12 cm menjadi 30 cm.

Sebagaimana penyampaian Komandan Korem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, SH sangat antusias dalam mendukung pelestarian lingkungan di Taman Nasional Bunaken. Kami berharap bisa berbuat dan berkontribusi untuk konservasi, bilamana dari Balai TN Bunaken melaksanakan tansplantasi dan membuat media sebanyak 125 buah, maka kami bisa mensuport 25 buah untuk melengkapi dan ada tenaga yang bisa mendukung pelaksanaannya, tutup Danrem.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini