Menuju HCPSN, Balai TanaHalisa Gelar Peningkatan Kapasitas Mitra

Sabtu, 31 Oktober 2020

Bogor, Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, 31 Oktober 2020Hari ini (31/10), bertempat di Bumi Perkemahan Sukamantri, Bogor, dilakukan kegiatan peningkatan kapasitas mitra Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TanaHalisa) dalam bidang fotografi satwa liar. TanaHalisa, Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI), Bogor Nature Wildlife Photo ghrapy (BNWP) menggagas acara pelatihan yang diikuti oleh kader konservasi, volunteer, komunitas mitra TanaHalisa seperti Sahala, Uni Konservasi Fauna (UKF) dan Wara Wiri Adventure (WWA).

Mengusung tema peran dokumentasi satwa liar dalam mendukung upaya konservasi satwa liar, acara ini menghadirkan figur pemateri yang berkompeten dalam bidang konservasi yaitu Robithotul Huda dari YIARI dengan tema konservasi kukang (Nycticebus javanicus), Rahayu Oktaviani dari Owa Halimun dengan tema konservasi Owa Jawa (Hylobathes moloch) dan Riza Marlon, fotografer alam liar senior. Mengenal alat dadasar fotografi, mengenal subjek serta komposisi foto menjadi poin penting dalam fotografi alam liar. Kita di lapangan memiliki keunggulan lebih berupa peluang dan momen dalam mendokumentasikannya.

Kepala Balai TanaHalisa, Ahmad Munawir, S.Hut, M.Si menyampaikan bahwa ini kesempatan yang bagus bagi peserta untuk mempelajari fotografi satwa liar. Ekspose dalam bentuk foto, video pada media sosial dilakukan untuk memperkuat pesan yang akan disampaikan. Fotografi ini mendukung kegiatan kampanye edukasi lingkungan.

Peningkatan kapasitas ini menjadi rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional(HCPSN) yang diperingati setiap 5 November. Sebelumnya telah dilakukan kegiatan pengumpulan foto flora fauna di Resort Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Cikaniki, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Bogor pada 16 hingga 18 Oktober 2020 serta pengamatan migrasi raptor di Salaka, Bogor pada 24 hingga 25 Oktober 2020. Puncak peringatan HCPSN berupa kegiatan pameran foto flora fauna hasil  karya TanaHalisa, Yayasan IAR Indonesia, BNWP dan Yayasan Kiara yang akan dilaksanakan pada awal November 2020 ini.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini