Kemandirian Kelompok Desa Penyangga TN Matalawa

Senin, 26 Oktober 2020

Waingapu, 24 Oktober 2020. Pemberdayaan masyarakat desa penyangga yang tinggal di sekitar kawasan konservasi menjadi salah satu tujuan utama dalam pengelolaan kawasan. Tidak hanya fungsi dalam pelestarian kawasan, namun peningkatan harkat, martabat, serta produktivitas dapat mendorong keperdulian masyarakat terhadap kelestarian kawasan konservasi.

Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) secara konsisten membantu masyarakat dengan memberikan bantuan usaha ekonomi produktif bagi desa-desa penyangga di sekitar kawasan. Bantuan yang diberikan pun disesuaikan dengan karakteristik desa sehingga program yang diberikan tepat guna dan mencapai sasaran yakni meningkatkan produktivitas dan pereknomian masyarakat.

Di sela tugas yang cukup padat, Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M, melakukan peninjauan bantuan ekonomi di kawasan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Matawai Lapau. Bantuan yang diberikan adalah bantuan pembuatan persemaian dan pembuatan keripik di Desa Wanggameti dan Desa Katikuwai. Di persemaian ini akan dikembangkan bibit yang memiliki nilai produktivitas tinggi yakni pinang, kemiri, kopi, jambu mete, dan ampupu. Sedangkan untuk keripik, produk yang dikembangkan adalah dari jeni ubi jalar, singkong, keladi, talas, dan daun bayam

Kepala Balai memberikan apresiasi tinggi kepada para anggota kelompok yang telah aktif menjalankan amanah bantuan yang diberikan. Persemaian telah dibangun dan bibitnya pun terpelihara dengan sangat baik sehingga nanti pada saat yang tepat dapat ditanam untuk diambil buahnya dan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat. Pembuatan keripik pun juga mulai memberikan hasil yang cukup baik setelah adanya bantuan mesin dari Balai TN Matalawa.

Kepala Balai mengajak seluruh masyarakat untuk tetap optimis dalam menghadapi masa pandemi ini. Usaha dan kemandirian ekonomi masyarakat menjadi faktor penting dalam peningkatan ekonomi dalam melewati ketidakpastian ekonomi di masa sekarang ini.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini