Ikut Bimtek Kearsipan KLHK, Arsip BTN Matalawa Lebih Terorganisir

Senin, 26 Oktober 2020

Waingapu, 23 Oktober 2020. Bagian umum yang mengelola persuratan dan adminitrasi perkantoran sering dianggap sebelah mata karena kerjanya yang tidak terlalu terlihat. Namun, kehadiran mereka sangat penting bagi organisasi untuk mengelola arsip yang masuk dan keluar. Untuk itu perlu keahlian khusus dan penyegaran bagi para pengelola administrasi perkantoran sehingga data yang mereka pegang pun menjadi data yang berguna dan mudah ditelusuri.

Pada jumat, 23 Oktober 2020, sejumlah pegawai yang masuk dalam walidata kearsipan di Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diadakan oleh Biro Umum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Selain pegawai TN Matalawa, kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh  walidata di Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK  sejak tanggal 22 Oktober sampai 27 Oktober 2020.

Materi bimtek disampaikan oleh Unit Pusat Kearsipan berupa pemberkasan arsip, prosedur pemindahan arsip, pemusnahan arsip, penilaian arsip, sekaligus cara praktek dari materi-materi tersebut. Dari materi-materi yang telah disampaikan, Balai TN Matalawa telah melakukan beberapa diantaranya dengan baik. Pengarsipan surat pun telah terorganisir yakni dengan cara offline berupa surat cetak maupun online yang tersimpan dalam bank data TN Matalawa. Namun, pembinaan dari unit kearsipan tetap diperlukan sehingga data ataupun surat yang masuk dan keluar dapat lebih terorganisir.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

  

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini