Sinergi Para Pihak Untuk Menjaga Kawasan Hutan Di Batam

Sabtu, 24 Oktober 2020

Batam – 23 Oktober 2020. Balai Besar KSDA Riau melalui Seksi Konservasi Wil. II Batam melakukan kegiatan penanaman bersama Direktorat Pengamanan BP Batam, Direktorat Fasilitas Lingkungan BP Batam, Manggala Agni Daops Batam, KPHL Unit II Batam, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau.

Penanaman dilaksanakan dalam kegiatan Jum'at Hijau Berseri di Tembesi Tower, yang merupakan bagian dari Hutan Lindung Tembesi yang dirambah dan bekas penambangan pasir ilegal. Penanaman ini menjadi bagian dari rangkaian patroli gabungan yang sudah dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Oktober 2020. Kawasan Hutan Lindung Tembesi memang difungsikan menjadi daerah tangkapan air untuk DAM Tembesi, sehingga keberadaan tegakan pohon menjadi penting.

Jumlah pohon ditanam sebanyak 300 batang, dengan jenis tanaman kayu, Mahoni (Swietenia mahogani) dan Pulai (Alstonia scholaris).

Kegiatan Patroli dan penanaman ini diharapkan menjadi awal bersinerginya para pihak untuk menjaga agar hutan di Batam tetap lestari. Penanaman akan terus dilakukan agar bagian yang terdegradasi dari hutan lindung dan hutan konservasi di Batam segera terehabilitasi, sehingga akan mendukung ketersediaan air bagi waduk-waduk yang akan menunjang kehidupan masyarakat dan kegiatan ekonomi di Batam. Disamping itu, dengan adanya patroli diharapkan semua pihak akan ikut serta menjaga hutan dan mencegah serta mengendalikan kebakaran hutan dan lahan.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antar instansi pusat dan daerah dalam perlindungan kawasan hutan konservasi dan hutan lindung di Batam, terutama hutan-hutan yang menjadi buffer waduk-waduk di kawasan tersebut.

Sebagai tindak lanjut, pada tahun ini akan dilakukan penyusunan rencana kegiatan patroli pengamanan dan perlindungan hutan di kota Batam untuk tahun 2021 oleh para pihak.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini