Indonesia Akan Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca Melalui Proklim

Minggu, 25 Oktober 2020

Lampung, 23 Oktober 2020. Plt. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Ismanto, S.Hut, M.,P. mendampingi Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi mengikuti teleconference Rapat Penyerahan Apresiasi Pembinaan oleh Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, yang diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah menetapkan kebijakan/peraturan serta secara aktif melaksanakan pembinaan dan pendampingan unluk mendukung pelaksanaan Program Desa lklim (ProKlim) di wilayah setempat yang menjadi kontribusi nyata Pemerintah Daerah dalam upaya pengendalian perubahan iklim. Teleconference dilaksanakan di Kantor Gubernur Provinsi Lampung pada Hari Jumat 23 Oktober 2020 juga dihadiri oleh  Plt. Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Amri, S.H, M.Hum dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Ir. Yanyan Ruchyansyah, M.Si.

Rapat dibuka oleh Dr. Ir. Ruandha Agung Sugardiman, M.Sc. selaku Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, mewakili Menteri LHK RI. Pada kesempatan ini, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar memberikan apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Provinsi Tahun 2020 kepada Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, dan untuk Penerima Apresaisi Pembinaan ProKlim Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2020 kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus.

Indonesia mempromosikan Program Desa Iklim atau ProKlim dalam konferensi perubahan iklim ke 25 (COP 25) tanggal 2 – 19 Desember 2019 di Madrid Spanyol. ProKlim mengajak masyarakat di pedesaan menyadari dampak perubahan Iklim. Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan mendukung program Presiden Republik Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca melalui ProKlim. Wacana ini dicetuskan pertama kali dalam Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2015, disebut juga dengan COP 21 atau CMP 21, yang telah diadakan di Paris tanggal 30 November sampai 12 Desember 2015.Indonesia menargetkan menurunkan emisi Indonesia sebesar 29 % hingga tahun 2030.

Plt. Kepala Balai Besar TNBBS Ismanto, S.Hut.,M.P mengucapkan selamat kepada Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi dan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handayani, S.E.,M.M. yang telah menerima Penghargaan Sertifikat Pembinaan Proklim dari Menteri LHK. “ProkLim yang kelola oleh Kementerian LHK berperan mengajak masyarakat khususnya di pedesaan untuk meningkatkan mitigasi dan juga adaptasi dampak perubahan iklim. Semoga kedepan semakin banyak penghargaan Program Kampung Iklim Utama atau Lestari  dari Kementerian Lingkungan Hidup dan  Kehutanan (KLHK) RI yg diterima oleh masyarakat, pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi di Lampung”, ujar Ismanto.

Sumber : Humas Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini