Pembinaan MMP Balai Taman Nasional Karimunjawa

Selasa, 20 Oktober 2020

Karimunjawa, 20 Oktober 2020 - Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa, Ir. Titi Sudaryanti, M.Sc. secara resmi membuka kegiatan Pendampingan dan Pembinaan terhadap kelompok Masyarakat Mitra Polhut (MMP) yang dihadiri oleh 30 orang anggota MMP yang merupakan perwakilan dari 4 kelompok (desa).

Kegiatan pembinaan MMP di Taman Nasional Karimunjawa menghadirkan 4 orang narasumber yaitu dari Balai TN Karimunjawa (BTNKJ) memaparkan materi tentang “Peran Serta Kelompok MMP dalam Kegiatan Perlindungan Hutan”, Kasat Polair Jepara menyampaikan tentang “Pengawasan Di Kawasan Perairan TNKJ”, Reskrimsus Polda Jateng dengan materi “Pengumpulan Informasi Pelanggaran Bidang Kehutanan dan KSDAE”, serta Kanit Hakim Polair Jepara dengan materi “Penegakan Hukum di Perairan”

Sobat Nautilus, pembentukan MMP di TN Karimunjawa merupakan salah satu peran aktif masyarakat di dalam pengelolaan TN Karimunjawa yang bersama-sama POLHUT melakukan kegiatan pengamanan kawasan TN Karimunjawa.  Kelompok MMP dibentuk oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa pada tahun 2014 yang meliputi 4 kelompok dengan nama Kelompok Pengamanan Partisipatif. Kemudian sejak tahun 2016 kelompok tersebut berubah nama menjadi MMP Desa Karimunjawa, MMP Desa Nyamuk, MMP Desa Parang dan MMP Desa Kemujan dengan jumlah aktif sebanyak 78 orang.

Sejauh ini Masyarakat Mitra Polhut cukup efektif membantu petugas dalam rangka membantu menjaga dan mencegah terjadinya pelanggaran di Taman Nasional Karimunjawa secara persuasive meskipun belum optimal. Oleh karenanya kegiatan pembinaan tetap dilakukan secara rutin untuk tetap menselaraskan peran MMP bersama petugas POLHUT BTNKJ.

 

Sumber: Balai TN Karimunjawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini