Pendampingan Polhut Kepada Pemuda-Pemudi Merauke Menuju Yakyu

Selasa, 20 Oktober 2020

Rawa Biru, 17 Oktober 2020 - Polisi Kehutanan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 3 Wasur mendapatkan kesempatan mendampingi para pemuda-pemudi Merauke yang gemar berpetualang di alam bebas yang menamai diri mereka sebagai Tim Eksplore Merauke. Pada kesempatan tersebut, Polhut SPTNW 3 Wasur mendampingi Tim Eksplore Merauke untuk melakukan perjalanan menuju ke Dusun Yakyu. Dusun Yakyu merupakan bagian dari RT di Kampung Rawa Biru dalam kawasan Taman Nasional (TN) Wasur dan berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini. Dusun Yakyu diakui keberadaannya pada tahun 2010 dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 28 KK dan jumlah penduduk + 112 jiwa. Masyarakat Yakyu merupakan masyarakat Suku Kanume yang masih termasuk dalam bagian wilayah administrasi Kampung Rawa Biru RT 03, Distrik Sota, Kabupaten Merauke. Masyarakat Yakyu pernah berpindah ke Papua Nugini sekitar tahun 1960 pada saat Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera), namun kemudian kembali lagi ke Indonesia pada tahun 2010 dan menetap di Yakyu hingga sekarang. 

Perjalan menuju ke Yakyu dapat ditempuh mengunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dan disambung dengan menggunakan perahu ketinting yang memakan waktu sekitar 2 – 3 jam. Perjalanan melalui jalur darat hanya dapat dilakukan pada saat musim kemarau yaitu sekitar bulan Juli hingga Desember, disamping itu diperlukan pendampingan masyarakat setempat agar tidak tersesat, mengingat tipe vegetasi di dalam kawasan TN Wasur adalah hutan dominan jenis Melaleuca.

Tim Eksplore Merauke terdiri dari orang-orang yang memiliki latar belakang bervariasi seperti Apoteker, Bidan, TNI/Polisi, PNS, Wartawan, Wirausahawan, dan Freelancer. Visi misi mereka adalah membangun kepedulian terhadap Kota Merauke serta mewujudkan Kota Merauke sebagai tujuan wisata terkemuka yang menampilkan budaya dan panorama keindahan alam di ujung timur Indonesia. Berangkat dari visi misi tersebut, maka Tim Eksplore Merauke selalu berkomitmen bahwa setiap perjalanan harus memberikan manfaat yang berarti bagi Kota Merauke.

Polhut SPTN Wilayah 3 Wasur bersama Tim Eksplore Merauke dengan jumlah rombongan sebanyak 12 orang memulai perjalanan pada pukul 15.30 WIT dengan menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 12 unit. Sekitar pukul 16.30 WIT rombongan tiba di dermaga penyeberangan Kampung Rawa Biru, kemudian melakukan penyeberangan menggunakan perahu ketinting menuju dusun Yakyu. Beberapa orang ada yang menuju ke Pulau Kelapa untuk kemudian melanjutkan perjalanan darat dengan kendaraan roda dua hingga mencapai dusun Yakyu. Berbagai rintangan seperti medan berlumpur, kayu-kayu tumbang yang melintang di tengah jalan setapak, dan gelapnya malam telah berhasil dilalui oleh rombongan yang melakukan perjalanan darat dari Pulau Kelapa menuju Dusun Yakyu. Pada akhirnya rombongan tiba di Kampung Yakyu sekitar pukul 21.00 WIT dan selanjutnya melapor kepada Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Satgas Pamtas TNI AD) Wilayah Perbatasan NKRI-PNG yang mendirikan Pos Pamtas di sekitar dusun Yakyu.

Polhut SPTN Wilayah 3 Wasur besama Tim Eksplore Merauke kemudian melakukan diskusi membahas agenda-agenda esok hari seperti perjalan ke patok Batas Negara Indonesia dan Papua Nugini, kemudian melihat habitat burung Cenderawasih, dan dilanjutkan dengan melakukan wawancara dengan penduduk kampung, pengambilan video, foto serta data pendukungan  lainnya untuk kebutuhan ekspose dan promosi potensi dusun Yakyu.

Dusun Yakyu merupakan habitat alami dan rumah bagi burung cenderawasih yang mulai ditemukan sejak tahun 2010. Pada sore hari, Polhut bersama Tim Eksplore Merauke mengisi waktu dengan berbagi cerita bersama anak- anak kampung, kemudian juga membagikan alat olah raga seperti bola voly dan bola kaki yang dititipkan kepada para personil Pos Satgas Pamtas TNI AD di Yakyu, serta membagikan pakaian layak pakai. Usai kegiatan tersebut, Polhut SPTN Wilayah 3 Wasur bersama Tim Eksplore Merauke yang didampinginya berpamitan kepada warga Dusun Yakyu untuk kembali pulang ke Kota Merauke.

Sumber : Zaenal Arifin A.Md. - Polhut SPTN Wilayah 3 Wasur Balai Taman Nasional Wasur (Penulis dan Foto)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini