Belajar Bersama Ala Kelompok MMP dan MPA Selo

Jumat, 16 Oktober 2020

Magelang, 16 Oktober 2020 - Masyarakat merupakan salah satu elemen yang mendukung perlindungan dan pengamanan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Oleh karena itu, dibentuklah Kelompok Masyarakat Mitra Polhut (MMP) serta Masyarakat Peduli Api (MPA) yang selama ini telah membantu Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Gunung Merapi. Pada umumnya, kelompok MMP dan MPA ini merupakan masyarakat yang tinggal sekitar kawasan konservasi. Demikian halnya juga dengan kelompok MMP dan MPA Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Selo, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Boyolali Klaten.

Demi mengupgrade pengetahuan serta menggalang kekompakan sesama anggota kelompok MMP dan MPA, maka pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 dilaksanakan Pembinaan MMP dan MPA Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM).

Kegiatan ini dilaksanakan di Obyek Wisata Alam (OWA) Jurang Jero, desa Ngargosoko, kecamatan Srumbung, kabupaten Magelang. Alasannya antara lain untuk memperkenalkan wilayah lain dari kawasan konservasi TNGM juga untuk refreshing para anggota kelompok MMP dan MPA.

Sebanyak 30 orang anggota Kelompok MMP dan MPA berkumpul untuk mengupgrade pengetahuan serta menggalang kekompakan. Diawali dengan permainan outbound, anggota kelompok MMP dan MPA bermain bersama dengan rekan BTNGM juga, sehingga diharapkan kekompakan dapat lebih terjalin. Kemudian dilanjutkan beberapa paparan materi dan arahan dari Forkompinca Selo.

Dalam kesempatan pertama, Kepala Balai TNGM menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota kelompok MMP dan MPA yang selama ini telah membantu tugas BTNGM. Kemudian paparan dan arahan selanjutnya disampaikan oleh Camat Selo, tentang Konservasi Alam yang kemudian dilanjutkan paparan oleh Kapolsek Selo dan Danramil Selo, yang menyampaikan tentang Perlindungan dan Pengamanan Hutan. Paparan ini dilanjutkan dengan diskusi bersama para peserta tentang perlindungan dan pengamanan hutan di wilayah kecamatan Selo.

Kegiatan juga dilaksanakan di ruang terbuka di OWA Jurang Jero dan sesuai aturan protokol kesehatan, yaitu pengecekan suhu sebelum memasuki lokasi, memakai masker dengan benar, cuci tangan menggunakan sabun, jaga jarak.

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini