Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Pada SPTN Wilayah II Ndalir

Kamis, 15 Oktober 2020

Ndalir, 6 Oktober 2020 - Balai Taman Nasional (TN) Wasur melalui Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 2 Ndalir menyerahkan bantuan kepada kelompok masyarakat dalam rangka kegiatan Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Tahun Anggaran 2020.

Beberapa kampung yang menerima bantuan dari Balai TN Wasur tersebut antara lain Kampung Kuler, Kampung Onggaya, dan Kampung Tomer. Ketiga kampung tersebut berada di dalam kawasan TN Wasur yang masyarakatnya bermatapencaharian sebagai nelayan dan petani/pekebun. Bantuan Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif bagi masyarakat tersebut diserahkan langsung oleh Bapak Y. Agung Widya, S.Hut., M.Si. selaku Kepala SPTN Wilayah 2 Ndalir bersama para pendamping dari pejabat fungsional Penyuluh  Kehutanan dan jajaran staf pada SPTN Wilayah 2 Ndalir. Acara serah terima bantuan tersebut diterima langsung oleh para Ketua Kelompok di Kampung Kuler, Onggaya, dan Tomer, serta disaksikan oleh Aparat Kampung di masing – masing kampung tersebut.

Jenis bantuan yang diserahkan di Kampung Kuler antara lain jaring, sprayer dan bibit tanaman; jenis bantuan yang diserahan di Kampung Onggaya meliputi Treser (mesin perontok padi), mesin penyedot air, sprayer, dan obat pembasmi hama tanaman; sedangkan jenis bantuan yang diserahkan di Kampung Tomer meliputi sprayer, obat pembasmi hama tanaman, dan selang alkon.

Masyarakat Kampung Kuler, Onggaya, dan Tomer sangat menyambut baik program Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat dari Balai TN Wasur tersebut. Ibu Maria Ndiken selaku Kepala Kampung Kuler yang didampingi oleh Bapak David Wekam selaku Ketua Kelompok Cakalang mengucapkan banyak terima kasih kepada Balai TN Wasur atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakatnya. Ibu Kepala Kampung Kuler menuturkan bahwa bantuan dari Balai TN Wasur kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan usaha dan perekonomian masyarakatnya terutama bagi masyarakat yang bergerak dibidang usaha pertanian dan perikanan.

Hendry selaku ketua kelompok yang berdomisili di  Kampung Onggaya juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Balai TN Wasur karena bantuan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha kelompoknya, kemudian disampaikan juga bahwa masih banyak masyarakat yang ingin bergabung sebagai anggota kelompoknya agar dapat turut merasakan manfaat dari bantuan yang telah diberikan oleh Balai TN Wasur. Lebih lanjut, Kepala Kampung Tomer pada saat acara serah terima bantuan menyampaikan bahwa di Kampung Tomer ini sebentar lagi akan memasuki musim panen, sehingga menurutnya bantuan dalam rangka program Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat dari Balai TN Wasur tersebut merupakan bantuan yang tepat dan sesuai karena akan segera digunakan oleh masyarakat dan sangat membantu bagi masyarakatnya. 

Sumber : Ritha Tangkeallo, S. Hut. - Penyuluh Kehutanan Muda Balai Taman Nasional Wasur

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini