Komitmen Balai TN Meru Betiri untuk Kemajuan Kelompok Masyarakat

Rabu, 14 Oktober 2020

Banyuwangi, 14 Oktober 2020. Balai TN Meru Betiri berkomitmen penuh terhadap keberhasilan program pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan TN meru betiri. Upaya yang dilakukan antara lain penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas kelompok serta pendampingan kelompok. Salah satu kelompok binaan TN Meru Betiri adalah SPKP Wana Wira Sejahtera di Desa Kandangan. Pada bulan Agustus 2020, kelompok ini telah mendapatkan bantuan usaha ekonomi produktif dari TN Meru Betiri berupa bantuan usaha ternak bebek berupa 220 ekor bebek. Bantuan tersebut sebagaimana proposal usaha yang diajukan oleh kelompok SPKP Wana Wira Sejahtera.

Sebagai upaya penguatan kelembagaan dan pengembangan usaha kelompok, pada hari Selasa, 13 Oktober 2020, petugas Balai TN Meru Betiri mendampingi kelompok SPKP Wana Wira Sejahtera melakukan pengurusan akta notaris kelembagaan SPKP dan melakukan studi banding pengelolaan usaha ternak bebek. Kegiatan yg diiikuti oleh 5 orang Pengurus Kelompok SPKP Wana Wira Sejahtera.

Kegiatan dimulai dengan penandantanganan akta notaris di Kantor Notaris Agus Mulyadi, S.H., M.Kn.  di Siliragung, Banyuwangi. Setelah pengurusan akta notaris, kegiatan dilanjutkan dengan study banding usaha ternak bebek ke Babe Farm Sujiono yang berlokasi di Desa Bangorejo, Banyuwangi. Babe Farm Sujiono merupakan peternak bebek besar dengan kapasitas penetasan 100.000 butir telor, dengan hasil 7.000 DOD bebek per-minggu. Dalam kesempatan ini juga, diajari cara membedakan jenis kelamin DOD antara jantan dan betina.

Wahyu Candra selaku Plh. Kepala SPTN Wilayah I Sarongan yang turut mendampingi kegiatan hari ini menyampaikan harapannya bahwa semoga usaha ternak bebek yang dilakukan SPKP Wana Wira Sejahtera akan berkembang seperti Babe Farm Sujiono. Wahyu Candra menambahkan bahwa rangkaian kegiatan hari ini merupakan bentuk keseriusan dan komitmen TN Meru Betiri dalam mendampingi dan mengembangkan kelompok binaan dalam rangka keberhasilan program pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan TN Meru Betiri

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini