Penanganan Konflik Beruang Madu di Desa Beras

Jumat, 09 Oktober 2020

Pekanbaru, 7 Oktober 2020 - Petugas Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) dipimpin langsung Ka Resort, bapak Zulkifli turun melakukan penanganan konflik satwa liar Beruang Madu (Helarctos malayanus) di Desa Beras-Beras, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Indragiri Hulu.

Sehari sebelumnya, Petugas Resort mendapatkan laporan dari Kepala Desa Beras-Beras bahwa Beruang Madu telah muncul di areal pemukiman masyarakat dan diduga telah memangsa beberapa ekor ayam disana.  Untuk menghindari konflik, Tim mempersiapan peralatan berupa kandang jebak setelah terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Kepala Desa beserta perangkatnya.

  

Petugas bersama perangkat desa langsung ke lokasi ternak  warga yang diduga di mangsa satwa tersebut dan memang benar, tim menjumpai bekas cakaran Beruang. Petugas selanjutnya melakukan pemasangan box trap/kandang jebak di lokasi terakhir  perjumpaan satwa. Adapun tujuan petugas adalah untuk mengevakuasi satwa ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk untuk menghindari terjadinya konflik satwa liar dengan masyarakat. Selain itu, petugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa Beruang merupakan salah satu satwa yang dilindungi Undang undang.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini