Bermitra untuk Konservasi Meru Betiri Lestari

Kamis, 08 Oktober 2020

Banyuwangi, 8 Oktober 2020. Mengambil tempat di Balai Desa Curahnongko yang merupakan salah satu desa penyangga di kawasan TN Meru Betiri pada hari selasa 6 oktober 2020 telah diadakan kegiatan diskusi penyusunan proposal kemitraan konservasi oleh kelompok 9A. Kelompok 9A merupakan salah satu kelompok mitra BTN Meru Betiri dalam mengelola kawasan zona rehabilitasi di Resort Andongrejo, SPTN Wilayah II Ambulu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Aparat Desa Curahnongko,  Kepala Resort andongrejo, Ketua kelompok 9A, dan anggotanya sejumlah 15 orang. Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam prosedur kemitraan konservasi sesuai dengan Perdirjen KSDAE nomor. P.6 tahun 2018 jo. Perdirjen P.2 tahun 2019. Dari diskusi  diperoleh data bahwa  sampai saat ini pada areal blok nomor 9, telah dilakukan pendampingan kepada kelompok calon mitra konservasi Pemulihan Ekosistem  dengan anggota 46 orang petani seluas sekitar 19,675 Ha. Pendampingan ini dilakukan bersama Resort Andongrejo-LSM KAIL-LATIN.

Tindak lanjut dari diskusi tersebut telah dilakukan pemetaan di lapangan bersama oleh Kelompok calon mitra konservasi yg didampingi oleh Resort Andongrejo-LSM KAIL-LATIN. BTN Meru Betiridari kegiatan tersebut  akan menindaklajut dengan beberapa tahapan kegiatan diantaranya, Surat Pernyataan dari setiap anggota/petani, Peta skala 1 : 10.000 beserta file shp tiap anggota kelompok dan perumusan draf naskah PKS pungkas Nur Kholiq yang mewakili Kepala Balai TNMB pada acara tersebut.

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini