Kepala Balai TNMB Pantau langsung kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Lapangan

Kamis, 08 Oktober 2020

Banyuwangi, 8 Oktober 2020 - Untuk mendapatkan data dan informasi terkini mengenai kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya mencapai keberhasilan peningkatan kesejahteraan masayarakat di sekitar Kawasan TN Meru Betiri (TNMB),  Kepala Balai TNMB Maman Surahman pada Hari Rabu tanggal 07 Oktober 2020 didampingi oleh Plh. SPTNW I Sarongan, Kepala Resor Karangtambak, Kepala Resor Rajegwesi melakukan kunjungan kerja ke Kelompok masayarakat yang berada di Desa Kandangan dan Sarongan Kabupaten Banyuwangi.

Dari kegiatan tersebut diketahui bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat di kelompok SPKP Wanawira Sejahtera yang mengembangkan usaha ternak bebek dengan bantuan dari BTNMB sebanyak 220 ekor bebek dengan produk utama usaha ini adalah telor vertil dan telor sayur hingga saat ini telah mampu memberikan penghasilan bersih sebesar Rp 110.000,- per hari.

Di kelompok SPKP Wana Lestari yang mengembangkan usaha ternak Ayam saat ini masih dalam tahap pemabangunan kandang, kendala yang dihadapi kelompok ini adalah terkait pengadaan indukan ayam KUB yang sangat sulit pengadaannya ditengah pandemi COVID 19. Kelompok masyarakat terakhir yang ditinjau adalah Gerakan Pemuda Sarongan (GPS) yang mengembangkan usaha penyediaan air minum, kelompok ini memiliki visi mengurangi pengangguran di Desa Sarongan melalui usaha yang produktif dan kreatif.

Chandra dari SPKP Wanawira Sejahtera memberikan apresiasi kepada BTNMB yang telah memberikan bantuan secara  penuh kepada kelompok dan berkomitmen untuk mengelola bantuan ini secara transparan dan akuntabel sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi warga desa di sekitar kawasan TNMB. Menambahi pada kesempatan tersebut Ponidi dari SPKP Wana Lestari bahwa mereka akan terus berusaha dan bergerak untuk menggapai kesejahteraan.

BTNMB mengapresiasi komitmen dan semangat kelompok dalam mengembangkan usaha dan mengingatkan kepada kelompok agar selalu berinovasi dalam usaha ternak bebek dan produk ikutan lainnya, selain itu mengintruksikan agar SPTN I Sarongan selalu kontinu dalam mendampingi kelompok pungkas Maman Surahman, Kepala Balai TNMB

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini