Balai TN Gunung Merapi Asah Kemampuan Kelompok MMP dan MPA

Selasa, 06 Oktober 2020

Sleman, 5 Oktober 2020. Masyarakat merupakan salah satu elemen yang mendukung perlindungan dan pengamanan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Oleh karena itu, dibentuklah Kelompok Masyarakat Mitra Polhut (MMP) serta Masyarakat Peduli Api (MPA) yang selama ini telah membantu Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Gunung Merapi.

Pada hari Senin, 5 Oktober 2020 bertempat di Obyek Wisata Alam (OWA) Tlogo Muncar, Pakem dan (OWA) Kalikuning, Cangkringan, dilaksanakan kegiatan Pembinaan Kelompok MMP dan MPA lingkup Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Pakem Turi dan RPTN Cangkringan.

Kegiatan ditujukan untuk memberikan motivasi, pengetahuan dan keterampilan anggota MMP dan MPA, terutama untuk perlindungan dan pengamanan kawasan TNGM. Tujuannya meningkatkan partisipasi masyarakat secara mandiri dalam upaya pengamanan hutan dan penyuluhan kepada masyarakat lainnya.

Awalnya kegiatan ini akan dilaksanakan dalam satu tempat secara bersamaan, namun dengan pertimbangan selanjutnya pelaksanaannya dilaksanakan terpisah.

Sebanyak 21 orang anggota Kelompok MMP dan MPA RPTN Pakem Turi berkumpul di OWA Tlogo Muncar, Pakem dan 15 orang anggota Kelompok MMP dan MPA RPTN Cangkringan berkumpul di OWA Kalikuning, Cangkringan. Hal ini dilaksanakan, dengan pertimbangan mengurangi jumlah kerumunan orang. Kegiatan juga dilaksanakan di ruang terbuka dan sesuai aturan protokol kesehatan, yaitu pengecekan suhu sebelum memasuki lokasi, memakai masker dengan benar, cuci tangan menggunakan sabun, jaga jarak.

Dalam kesempatan ini, materi yang disampaikan yaitu Peraturan Perundang-undangan, Pengendalian Kebakaran Hutan dan Penguatan Kelembagaan.
**
Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini