Magang Online Mahasiswa IPB di Balai TN Aketajawe Lolobata telah Selesai, Hasilnya ini

Senin, 05 Oktober 2020

Sofifi, 5 Oktober 2020. Di masa pandemi Covid-19 ini seluruh kegiiatan belajar-mengajar secara tatap muka telah dibatasi, tak terkecualli kegiatan magang bagi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) University. Hal ini dikarenakan untuk mencegah terjadinya penambahan kasus positif Covid-19. Kegiatan magang ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2020 dan berakhir pada tanggal 30 September 2020 secara daring dengan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Peserta magang online berjumlah 11 mahasiswa yang didampingi oleh 1 dosen pembimbing. Dalam pertemuan daring yang pertama, DR. Soni Trison sebagai dosen pembimbing mengatakan bahwa program magang online ini adalah untuk mendapatkan soft sklill yang lebih tinggi jenjangnya serta untuk membantu melakukan branding Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Kepala Balai TNAL menyambut baik program tersebut dan menyatakan terima kasih atas kepercayaannya mengadakan magang online di kantor Balai TNAL.

Dengan pendampingan para koordinator dan pejabat fungsional, mahasiswa magang online telah menghasilkan produk berupa silabus dan kurikulum belajar mengajar untuk anak usia dini sampai anak SMA baik pada sekolah biasa ataupun pada kelompok belajar di rumah-rumah baca di desa penyangga kawasan taman nasional. Produk magang yang lain adalah booklet pencegahan kebakaran hutan, buku saku undang-undang tindak pidana kehutanan, infografis spesies kunci, desain unggahan media sosial dan leaflet Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Kurikulum atau materi belajar-mengajar juga telah dipraktekan oleh petugas Resort Buli dalam mengajar konservasi di rumah baca Resort Buli. Menurut Ruth, Penyuluh Kehutanan, bahwa metode yang tertuang pada materi tersebut sangat bagus dan dapat diaplikasikan saat melakukan penyuluhan terhadap anak usia dini maupun siswa sekolah. Kepala Balai TNAL berterima kasih dan memberikan apresiasi terhadap hasil magang online mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB University ini.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra – Polhut Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini