Perkuat Kemitraan Kembangkan Potensi Ex-situ

Jumat, 02 Oktober 2020

Jorong, 29 September 2020 – Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi Kasubag TU Balai KSDA Kalimantan Selatan Suwandi, S.Hut, M.A. serta Kepala Resort KSDA SM. Pelaihari, Akhmad Fauzan, S.Hut melakukan Kunjungan dan silaturahmi kerja Ke PT. Jorong Baratama Greston (JBG). Pada Kunjungan ini Kepala Balai dan Tim disambut langsung oleh bagian Environment PT. JBG, Bapak Elsa, Yamani, S.Hut dan Ian Balqis.

Kunjungan dan silaturahmi ini sebagai upaya memperkuat dan membahas pengelolaan biodiversity di luar kawasan konservasi (ex situ) yang berada di areal konsesi PT. JBG. Dalam penyampaiannya Kepala Balai KSDA Kalimantan selatan menegaskan bahwa penilaian “High Conservation Value/ HCV (Areal Bernilai Konservasi Tinggi) dalam suatu perusahaan yang mengantongi IPPKH merupakan kewenangan dari Balai KSDA Kalimantan Selatan. Dr. Mahrus juga mengharapkan dukungan dari PT. JBG terkait kegiatan pelestarian dan konservasi alam.  Balai KSDA Kalimantan Selatan siap mendukung terkait kegiatan-kegiatan konservasi yang dapat dilakukan di dalam areal PT JBG.

Menyikapi hal tersebut PT. JBG menyatakan akan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Balai KSDA Kalimantan Selatan terkait potensi flora dan fauna yang berada di areal konservasi yang ditetapkan PT. JBG, seperti tanaman Galam dan keberadaan Bekantan. Dipenghujung pertemuan Kepala Balai dan Kasubag TU melakukan kesepakatan awal dengan bagian Environment PT. JBG untuk membangun komunikasi dan diharapkan dapat terjalin kerjasama terkait kegiatan konservasi alam ex-situ tersebut. (ryn)

Sumber : Akhmad Fauzan, S.Hut - Kepala Resort SM Pelaihari SKW I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini