Balai TN Kepulauan Togean Gelar Tiga Kegiatan Di Hari Kesaktian Pancasila

Kamis, 01 Oktober 2020

Ampana, 1 Oktober 2020. Balai Taman Nasional Kepulauan Togean pada hari ini kamis 1 Oktober 2020 gelar 3 (tiga) kegiatan yaitu Upacara dalam rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, pemusnahan tiket masuk kawasan konservasi tahun 2014 dan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang bertempat di Kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi kegiatan pembuka yang dilakukan secara virtual, diikuti Kepala Balai beserta jajaran dan staf Taman Nasional Kepulauan Togean di Media Center Balai Taman Nasional Kepulauan Togean. Hari Kesaktian Pancasila kali ini bertema Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila. Walaupun hanya dilaksanakan secara virtual namun tetap berlangsung dengan khidmat dan tertib.

Kegiatan kedua adalah pemusnahan tiket masuk kawasan tahun perolehan 2014  di halaman kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean. Berdasarkan surat Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan perihal Persetujuan Penghapusan Barang Milik Negara berupa Tiket Masuk Kawasan Konservasi maka Balai Taman Nasional Kepulauan Togean melaksanakan pemusnahan tiket tersebut dengan cara di bakar. Dalam kegiatan ini dihadirkan dua orang saksi dari instansi terkait yaitu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta dari Kepolisian. Tiket yang dibakar sebanyak 38 buku dan diakhiri dengan penandatangan Berita Acara Pemusnahan.

Penutup kegiatan adalah Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di aula Kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean dengan narasumber dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tojo Una-Una. Materi tentang P4GN tersebut dibawakan langsung oleh Kepala BNNK Tojo Una-Una AKBP. Djohansah Rahman, S.Pd. Dalam materinya beliau menjelaskan tentang bahaya narkoba dan pentingnya kepedulian kita semua untuk berperan serta dalam melawan narkoba dimulai dari lingkungan keluarga kita sendiri. Selanjutnya beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean beserta seluruh jajaran dan staf untuk kesediaan mengadakan sosialisasi P4GN tersebut. Kegiatan ini diakhiri dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara BNNK Tojo Una-Una dengan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean tentang Kebijakan Instansi Terhadap Program P4GN.

Sumber : Rahmanita Ibrahim – Analis Data Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini