BBTN Lore Lindu Koleksi Anggrek Di Orchidarium Saluki

Kamis, 01 Oktober 2020

Palu, 1 Oktober 2020. Selain Taman Koleksi Anggrek (Orchidarium) Telaga Tambing, ternyata Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) memiliki satu lagi Orchidarium lainnya yaitu Orchidarium Saluki. Orchidarium Saluki ini dibangun sejak tahun 2016 dengan luasan 15 m x 6 m, hingga saat ini memiliki sekitar 34 jenis anggrek yang telah teridentifikasi. Jumlah anggrek yang ada dikoleksi Orchidarium sekitar 312 tanaman yang ditata posisinya, sehingga menggugah mata untuk memandangnya. Jenis anggrek yang dominan yang ada di Orchidarium Saluki diantaranya Airides odorata (anggrek kuku macan) dan Cymbidium finlaysonianium (anggrek lidah ular). Lokasinya berada di dalam komplek Kantor Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah (BPTNW) I Saluki yang berjarak sekitar 50 km dari Kota Palu dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun dua selama 1 jam perjalanan.

Anggrek-anggrek ini diperoleh dari dalam kawasan melalui kegiatan patroli,  pemeliharaan jalur batas kawasan dan identifikasi/inventarisasi keanekaragaman hayati. Apabila menemukan anggrek endemik selama kegiatan-kegiatan tersebut, selanjutnya anggrek dibawa ke Orchidarium dan dirawat serta dibudidayakan oleh petugas yang bernama Moh. Irsan Papeo yang didampingi pejabat fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dan Penyuluh Kehutanan lingkup BPTNW I Saluki dan arahan dari Kepala BPTNW I Saluki (Abdul Rajab, S.T.P.,M.P). Pengunjung yang datang dan tertarik anggrek dapat bertanya perihal anggrek-anggrek yang dikoleksi dan dengan pelayanan yang baik akan dijelaskan oleh Pak Irsan sebagai tanggungjawabnya seorang tenaga perawat anggrek di Orchidarium Saluki.

Keberadaan Orchidarium ini memang ditujukan sebagai upaya pelestarian dan wahana pendidikan lingkungan terutama flora jenis-jenis anggrek bagi para pengunjung yang datang ke Kantor BPTNW I Saluki. Pengunjung dapat dengan jelas mengetahui jenis-jenis anggrek yang ada di taman nasional dengan hanya berkunjung ke Orchidarium Saluki. Penataan posisi letak tanaman anggrek dan didukung pelabelan nama-nama jenis anggrek yang telah teridentifikasi membuat pengunjung dengan nyaman menikmati koleksi anggrek dan dengan mudah pula mengetahui nama-nama ilmiah maupun nama lokal jenis-jenis anggrek yang ada. Selain itu melalui koleksi anggrek yang terdapat di dalam Orchidarium Saluki, pihak TNLL berupaya untuk memperkenalkan potensi jenis-jenis anggrek yang bernilai ekonomis kepada masyarakat sehingga diharapkan masyarakat yang berdomisili di sekitar taman nasional akan tertarik untuk usaha budidaya anggrek, selain bisa menambah penghasilan juga melestarikan keberadaan tanaman anggrek (red:DH).

Sumber : Balai Besar Taman Nasaional Lore Lindu

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini