BTN Meru Betiri Hadir di Masyarakat Lewat Budidaya Jamur

Selasa, 29 September 2020

Jember, 29 September 2020. Desa Mulyorejo, Kecamatan Kalibaru Banyuwangi merupakan salah satu desa penyangga kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti), kelompok SPKP Multi Kreasi sejahtera merupaka Kelompok binaan yang ada di desa tersebut. Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Kalibaru didampingi Kepala Resort Malangsari pada tanggal 28 September 2020 melakukan pendampingan Kelompok Budidaya Jamur SPKP Multi Kreasi Sejahtera. Pendampingan ini bertujuan untuk memastikan keberhasilan budidaya jamur yang dilakukan oleh Kelompok tersebut.

Untuk pertama kalinya, kelompok budidaya jamur SPKP Multi Kreasi Sejahtera mencoba alat pembuatan bibit jamur F1 berupa autoclave. Percobaaan pembuatan bibit jamur menggunakan bahan jagung sebayak 5 kg yang terbagi dalam 16 kemasan. Bibit jamur F0 diperoleh dari daerah Genteng-Banyuwangi. Sedangkan alat pembibitan jamur berupa laminer dan autoclave merupakan bantuan dari program doktor mengabdi- LPPM Universitas Brawijaya.

Selain itu, anggota kelompok juga melakukan pembuatan baglog dari bahan sebuk gergaji dan bekatul sebanyak 200 baglog. Setelah baglog dibuat selanjutnya disterilkan dengan cara direbus menggunakan drum, dalam waktu 7 jam. Walaupun pada musim kemarau ini pertumbuhan jamur belum optimal, kelompok budidaya jamur ini produksi jamur tetap berlanjut.

Sulistrianto Kepala SPTN III Kalibaru  berharap dengan adanya bantuan alat pembibitan jamur, SPKP MKS bisa lebih bersemangat mengembangkan usaha budidaya jamur. Alat dipergunakan dengan maksimal dan dipelihara, sehingga mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sumber : Balai Taman Nasional  Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini