SKW IV Menerima Satwa Dilindungi Lutung Kelebu dari Masyarakat di Kota Dumai

Senin, 28 September 2020

Pekanbaru, 23 September 2020 - Ibu Wira Maya Fitri Sundari yang berdomisili di Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, menyerahkan satwa dilindungi seekor anak Lutung Kelabu (Trachypihecus cristatus) secara sukarela. Penyerahan dilakukan melalui Seksi Konservasi Wilayah IV (SKW), yang diterima oleh Pak Soebono.

Anak Lutung Kelabu tersebut dirawat oleh Ibu Wira, karena sebelumnya beliau mendapatkan dari kerabatnya yang menjumpai satwa tersebut saat memancing di daerah Pelintung, Kecamatan Medang Kampai sekitar bulan Juni 2020.

  

Saat itu, anak Lutung Kelabu terlepas dari gendongan induknya dan terjatuh, lalu induknya memanjat pohon dan meninggalkannya. Kondisi anak Lutung Kelabu tersebut terus menangis dan masih sangat kecil, sehingga Ibu Wira menyelamatkannya dan dibawa pulang. Setelah beberapa lama dipeliharanya, anak Lutung diserahkan ke Balai Besar KSDA Riau dalam kondisi sehat, berumur + 3 bulan dan berjenis kelamin Betina.

Selanjutnya pada hari yang sama, Bapak Soebono dari Seksi Konservasi Wilayah IV langsung menitipkan anak Lutung Kelabu tersebut kepada klinik satwa Balai Besar KSDA Riau melalui bapak Novi Mulyadi,S.Hut untuk diobsevasi lebih lanjut.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini