Sejahterakan Masyarakat, Lestarikan Cagar Alam Besowo

Jumat, 25 September 2020

Kediri, 22 September 2020. Desa Besowo yang terletak di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri menjadi desa penyangga sekaligus satu-satunya akses menuju Cagar Alam Besowo Gadungan. Sebab itu, Balai Besar KSDA Jawa Timur melakukan upaya pemberdayaan masyarakat desa setempat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan. Dengan harapan terjalinnya dukungan masyarakat terhadap kelestarian cagar alam.

Bertempat di Balai Desa Besowo, BBKSDA Jatim melaksanakan kegiatan Penyusunan Rencana Kelompok Masyarakat Desa Binaan pada 22 September 2020. Adalah kelompok “Tjoelanggi Besowo” yang terbentuk 3 September 2020 yang lalu, menjadi sarana kepedulian masyarakat terhadap kelestarian CA. Besowo Gadungan.

Turut hadir Muspika Kepung, BKPH Pare, Penyuluh Cabang Dinas Kehutanan, dan Kepala Desa Besowo. Rencana Kegiatan Kelompok disusun berdasarkan hasil kajian potensi yang ingin dikembangkan di Desa Besowo, seperti budidaya lanceng, pengembangan kebun durian dan alpukat, peningkatan kapasitas masyarakat melalui pelatihan dan studi banding. Sedangkan dukungan kegiatan pengamanan kawasan yang dilakukan diantaranya kegiatan pengamanan kawasan, patroli bersama Polhut, Masyarakat Mitra Polhut, serta penanaman kawasan di area pemulihan ekositem.

Di kesempatan tersebut juga ditandatangani Kesepakatan Konservasi antara BBKSDA Jawa Timur, yang diwakili Kepala Bidang KSDA Wilayah I Madiun, Sihono, S.Sos., MM., bersama Pemerintah Desa Besowo. Tertuang dalam kesepakatan para pihak antara lain mengenai dukungan BBKSDA Jawa Timur dalam program pemberdayaan masyarakat, serta dukungan masyarakat dalam menjaga kelertarian cagar alam.

Sumber : Nur Muhammad Daru - Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini