Bantuan Pengembangan Wisata Alam Untuk Kelompok Njor Teh Ku

Sabtu, 19 September 2020

Kampung Wasur – 16 September 2020. Balai Taman Nasional Wasur untuk kali kedua memberikan bantuan dalam rangka program Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Kampung Wasur bagi Kelompok Usaha Pengembangan Wisata Alam yang bernama Kelompok Njor Teh Ku yang berdomisili di Kampung Wasur, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Kampung Wasur merupakan kampung yang berpenduduk asli masyarakat Suku Marory Men-gey dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Wasur. Bantuan yang diberikan Balai Taman Nasional (TN) Wasur kepada Kelompok Njor Teh Ku berupa aneka peralatan pendukung Pengembangan Wisata Alam yang selama ini telah dikelola oleh Kelompok Njor Teh Ku yaitu usaha Wisata Taman Anggrek dan Wisata Kolam Pancing. Selanjutnya Kelompok Njor Teh Ku akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari petugas Penyuluh Kehutanan pada Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 3 Wasur.

Bapak Amin Suprajitno, S.Hut., M.P. selaku Plt. Kepala Balai TN Wasur yang hadir langsung dalam acara serah terima bantuan pengembangan wisata alam bagi Kelompok Njor Teh Ku menyampaikan bahwa bantuan dalam rangka program Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Kampung Wasur ini diberikan oleh Balai TN Wasur kepada Kelompok Njor Teh Ku agar kelompok tersebut dapat lebih berkembang, berinovasi, dan meningkatkan pendapatan ekonomi dari usaha kelompoknya tersebut. Lebih lanjut, Balai TN Wasur melalui petugas Penyuluh Kehutanan mulai melakukan evaluasi dan pendataan terhadap berbagai kelompok usaha di beberapa kampung yang pernah menerima bantuan dari Balai TN Wasur agar diperoleh data nama-nama kelompok usaha masyarakat yang masih menjalankan kegiatan usaha kelompoknya serta memanfaatkan dan memelihara barang-barang bantuan yang dahulu pernah diberikan. Disampaikan juga bahwa Balai TN Wasur ke depan akan lebih memilih membantu kelompok usaha masyarakat yang sudah terbentuk, kemudian sudah jelas bidang usahanya dan berkeinginan untuk memajukan usaha kelompoknya tersebut. Hal ini didasari oleh pengalaman-pengalaman sebelumnya bahwa kelompok usaha yang dibentuk dari nol dan belum memiliki kekompakan antar anggotanya, maka kelompok tersebut akan cukup sulit untuk dapat berkembang dan maju. Pasca diberikannya bantuan tersebut, diharapkan Kelompok Njor Teh Ku dapat lebih pesat meningkatkan usaha yang telah digelutinya dan juga dapat meningkatkan pendapatan para anggota kelompoknya.

Perwakilan Aparatur Kampung Wasur, Bapak Linus Erom berpesan kepada para anggota Kelompok Njor Teh Ku bahwa segala macam dan bentuk bantuan dari Pemerintah harus diterima dan dimanfaatkan dengan baik. Bapak Linus Erom juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Balai TN Wasur atas perhatian yang telah diberikan dan secara nyata Balai TN Wasur langsung memberikan berbagai macam jenis bantuan bagi para anggota Kelompok Njor Teh Ku yang juga merupakan warga masyarakat asli Kampung Wasur.

Acara serah terima bantuan program Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Kampung Wasur ditutup dengan penandatangan Berita Acara Serah Terima oleh Plt. Kepala Balai TN Wasur yaitu Bapak Amin Suprajitno, S.Hut., M.P. dan Ketua Kelompok Njor Teh Ku yaitu Bapak Antonius Kuyieri Kaize, serta disaksikan oleh Kepala SPTN Wilayah 3 Wasur, Ibu Putri Cendrawasih, S.Hut., M.P. dan Perwakilan Aparatur Kampung Wasur, Bapak Linus Erom. Usai penandatanganan berita acara serah terima kemudian ditutup dengan foto bersama dengan semua anggota Kelompok Njor Teh Ku, Aparatur Kampung Wasur, Plt. Kepala Balai TN Wasur, serta Kepala SPTN Wilayah 3 Wasur beserta jajaran stafnya.

Sumber : Balai Taman Nasional Wasur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini