Pendidikan Konservasi di Cagar Alam Martelu Purba

Senin, 14 September 2020

Siswa/i SDN 091349 Tigarunggu Belajar Konservasi Alam

 

Pematang Siantar, 14 September 2020 - Dalam rangka mensosialisasikan arti penting konservasi alam kepada generasi muda, pada Kamis 10 September 2020 Kepala Resort CA. Martelu Purba Alharis Ruhidi, SP, M.Si dan Penyuluh Kehutanan pada Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar Lisbet Manurung, S.Hut melaksanakan kegiatan Pendidikan Konservasi kepada 20 orang pelajar SDN 0913949 Tigarunggu, Simalungun.

Kegiatan Pendidikan Konservasi ini dilakukan dengan cara berkunjung ke sekolah menyampaikan materi yang berhubungan dengan konservasi alam dan lingkungan hidup. Tidak hanya kegiatan dalam ruangan, siswa siswi juga diajak untuk observasi langsung ke Cagar Alam Martelu Purba juga mempelajari secara langsung bagaimana manfaat hutan untuk kelangsungan hidup masyarakat di sekitar desa. Setelah melakukan pengamatan di luar ruangan dilanjutkan dengan Lomba menggambar imajinatif dan mewarnai untuk mengasah kreativitas dan kemampuan peserta didik.

Kegiatan Pendidikan Konservasi sangat penting untuk ditanamkan kepada anak didik sejak dini terkait maraknya illegal logging dan pembukaan lahan dengan cara dibakar, yang berdampak kepada lingkungan dan iklim. Terjadinya banjir dan tanah longsor serta musim panca roba yang semakin jelas mempengaruhi keberlangsungan hidup makhluk hidup. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, semakin menyadarkan kita bahwa hutan dan lingkungannya sangat penting untuk dilestarikan sejak dini.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Lisbeth Manurung, S.Hut, (Penyuluh Kehutanan Pertama) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini