Balai Besar KSDA Sumatera Utara Dan Pemkab Toba Tandatangani PKS

Jumat, 11 September 2020

Medan, 10 September 2020. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara dengan Bupati Toba terkait Pembangunan Strategis Yang Tidak Dapat Dielakkan Berupa Peningkatan Jalan Eksisting Menghubungkan Dusun Ribidang Desa Lumban Pinasa Saroha, Kecamatan Habinsaran Ke Desa Sipagabu, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Melintasi Kawasan Suaka Margasatwa Dolok Surungan ditandatangani di ruang rapat kantor Bupati Toba, Selasa (8/9).

Penandatanganan dilakukan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For. dan Bupati Toba diwakili Sekretaris Daerah Drs. Audi Murphy Sitorus, SH., M.Si. PKS ini menjadi penawar dahaga masyarakat, khususnya Desa Sipagabu Kecamatan Nassau, yang sudah lama merindukan  akses jalan, mengingat selama ini desa tersebut masih tertinggal dan terisolir akibat sulitnya akses jalan keluar masuk  karena harus melalui kawasan hutan.

Melihat kondisi keterbelakangan Desa Sipagabu ini, Pemkab Toba melalui Dinas PUPR merencanakan Program Peningkatan Kualitas Jalan yang menghubungkan Dusun Ribidang Desa Lumban Pinasa Saroha, Kecamatan Habinsaran menuju Desa Sipagabu, Kecamatan Nassau guna meningkatkan perekonomian masyarakat di kedua desa yang terisolir tersebut.

Setelah melewati proses yang cukup panjang, dimulai sejak bulan Juli 2018, dan telah melalui berbagai analisis dan pertimbangan, akhirnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan persetujuan  untuk dilakukan kerjasama pada tanggal 26 Juni 2020, yang ditindaklanjuti oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), melalui surat Nomor : S.591/KSDAE/PIKA/ KSA.0/7/2020 tanggal 20 Juli 2020 dengan melimpahkan kewenangan yang bersifat delegasi kepada Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara atas nama Direktur Jenderal KSDAE untuk menandatangani PKS.

Peningkatan Jalan Eksisting yang menghubungkan kedua desa tersebut direncanakan akan dilaksanakan sepanjang ± 2,38 km melintasi kawasan Suaka Margasatwa Dolok Surungan. Kegiatan ini juga mendukung Program Nawa Cita Pemerintah Republik Indonesia yang ketiga yaitu : “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam sambutannya mengharapkan kegiatan peningkatan jalan eksisting ini benar-benar memberi manfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dari keterisoliran selama ini. Namun  diingatkan juga agar pelaksanaan di lapangan menghindari kegiatan-kegiatan yang menyebabkan fragmentasi habitat sehingga menggangu perpindahan hidupan liar utama.

“Dan menjadi tanggung jawab bersama untuk berperan aktif dalam perlindungan dan pengamanan kawasan di sekitar lokasi kerjasama dari berbagai kemungkinan gangguan,” ujar Hotmauli.

Sementara itu tokoh masyarakat yang hadir, menyampaikan rasa syukurnya sekaligus terima kasih kepada pemerintah, khususnya Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, yang sudah merealisasikan keinginan masyarakat mengijinkan pembukaan jalan melintasi kawasan SM. Dolok Surungan guna membuka daerah yang terisolir dan tertinggal berpuluh tahun lamanya.

Bentuk apresiasi masyarakat diwujudkan dengan mangulosi (pemberian ulos) kepada Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Melalui ulos ini doa dan harapan masyarakat disampaikan kepada Yang Maha Kuasa agar Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara diberikan kesehatan, panjang umur dan selalu diberikan keberhasilan/kesuksesan dalam menjalankan tugas kedinasan.

Penandatangan ini dihadiri  pejabat eselon II dan III lingkup Pemkab Toba, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar KSDA Sumatera Utara Teguh Setiawan, S.Hut., MM., Kepala Bidang Konservasi Wilayah II Pematangsiantar Seno Pramudita, S.Hut., M.E., Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama Elvina Rosinta Dewi, S.Hut., M.I.L. dan tokoh masyarakat.

Sumber : Dian Rohdiana, S.Hut. - PEH Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini