Giat Koordinasi Pengaman Kawasan TNBG Desa Aek Nangali dan Desa Hatupangan

Rabu, 09 September 2020

Panyabungan, 9 September 2020. Balai Taman Nasional melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Aek Nangali dan Kepala Desa Hatupangan Kecamatan Batang Natal pada tanggal 06 s/d 08 Agustus 2020. Kegiatan koordinasi tingkat desa, kecamatan dan Instansi terkait merupakan kegiatan yang rutinitas dilaksanakan Balai Taman Nasional Batang Gadis setiap tahunnya. Koordinasi pengamanan kawasan dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya pengrusakan kawasan Taman Nasional  dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tim disambut baik Kepala Desa Hatupangan yaitu Bapak Tafsir Nasution, beliau sangat antusias dengan kedatangan tim karena beliau ingin kembali menjalin hubungan baik setelah kejadian konflik satwa yang sampai terjadi pro kontra dengan petugas TN Batang Gadis. Menurut Kepala Desa Hatupangan kejadian – kejadian pro kontra tidak lepas dari ketidaktahuan masyarakat tentang pengelolaan TN Batang Gadis. Tim menjelaskan sistem pengelolaan kawasan TN Batang Gadis dan memberikan peta kawasan TN Batang Gadis. Disini tim juga menanyakan informasi terkait illegal logging. Menurut Kepala desa masyarakat sudah menyadari bahwa desa mereka yang dialiri sungai Aek Stuaon dan Aek Tuba berhulu di tor Sanduduk yang berada di kawasan TN Batang Gadis, yang apabila dirusak bisa berakibat fatal pada desa mereka. Kepala Desa juga berjanji akan melakukan sosialisasi bersama pihak TN Batang Gadis yang tentunya menurut Kepala Desa akan melakukan sosialisasi dulu yang di awali kepada tokoh – tokoh masyarakat dan perangkat desa. Setelah itu baru dilakukan bersama – sama tim dari TN Batang Gadis.

Dari beberapa desa yang dikunjungi saat koordinasi, baik kepala desa maupun tokoh dan perangkat desa siap bekerjasama dengan pihak TN Batang Gadis dalam hal pengelolaan dan pengamanan kawasan TN Batang Gadis. Balai TNBG akan terus melaksanakan sosialisasi tentang pengelolaan dan batas kawasan TN Batang Gadis dari petugas penyuluh, seksi dan resort karena koordinasi merupakan salah satu langkah awal untuk bisa mempererat hubungan dan komunikasi yang baik diantara  instansi terkait. Koordinasi merupakan kegiatan yang dilakukan baik ke tingkat desa, kecamatan maupun Instansi Penegakan Hukum di Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini