Geliat Masyarakat Penyangga TN Meru Betiri Meraih Sejahtera

Rabu, 09 September 2020

Jember, 9 September 2020. Desa Penyangga Taman Nasional Meru Betiri, Kandangan berada di wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) 1 Sarongan Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Masyarakat di desa ini sebagian besar merupakan petani, peternak, dan pekerja perkebunan. Salah satu usaha yang telah difasilitasi Balai Taman Nasional Meru Betiri yaitu pemberian bantuan ekonomi produktif berupa pengembangan ternak bebek.

Bantuan yang diberikan pada awal bulan Agustus 2020 melalui kelompok SPKP WANA WIRA SEJAHTERA telah mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan, Ketua SPKP Rudi Hartono mengatakan “saat ini dari 220 ekor bebek yang diberikan sudah menghasilkan telur sebanyak 154 butir, hanya dalam kurun waktu 30 hari saja”.

“Rencananya 30% dari telur-telur tersebut akan diteteskan untuk dibagikan kepada anggota kelompok dan sebagian lagi dijual di pasar lokal”, kata Rudi.

Kepala Resort Karangtambak Giyanto selaku pendamping kelompok ini mengatakan, “Kedepan kelompok SPKP ini akan memfokuskan kepada produksi telur fertil yang secara ekonomis lebih menguntungkan dibandingkan telur konsumsi, di pasaran harga telur bebek konsumsi hanya seribu sedangkan telur fertil/tetas bisa sampai dua kali lipat”.

“TN Meru Betiri akan terus melalukan pendampingan agar usaha masyarakat ini berhasil dan memberikan dampak kesejahteraan yang meningkat bagi seluruh anggota kelompok”, imbuh Giyanto.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini