Warga Kampung Mena Belajar Perlindungan Biota Laut TN Teluk Cenderawasih

Rabu, 09 September 2020

Kampung Mena, September 2020. Penyuluh kehutanan memegang peranan penting dalam penyadartahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga satwa-satwa yang hampir punah di sekitar mereka. Salah satu usaha yang dilakukan penyuluh kehutanan di Kampung Mena adalah dengan melakukan sosialisasi mengenai perlindungan biota laut di Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) seperti spesies Penyu, Hiu Paus, Kima, Duyung dan Lumba-Lumba. Spesies tersebut telah ditetapkan sebagai Spesies Prioritas di Kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih berdasarkan Surat Keputusan Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih Nomor: SK.347/BBTNTC-Tek/2012. Sosialisasi dilaksanakan dengan metode anjangsana ke rumah-rumah warga Kampung Mena yang berada di wilayah kerja Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah IV Roon Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih. 

Kampung Mena merupakan salah satu dari tujuh kampung yang berada di Pulau Roon wilayah pengelolaan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah IV Roon Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Sebelum dijelaskan materi sosialisasi, terlebih dahulu warga diminta mengisi kuisioner yang berkaitan dengan pengetahuan mengenai satwa yang dilindungi serta pemanfaatan satwa-satwa tersebut. Dari hasil kuisioner diketahui bahwa masih banyak warga yang belum mengetahui tentang satwa yang dilindungi di TNTC dan mereka mengakui bahwa satwa seperti penyu dan kima masih sering ditangkap untuk dikonsumsi maupun diperjualbelikan. Warga kemudian diberikan penjelasan mengenai aturan terkait satwa yang dilindungi dan aturan terkait serta menjelaskan pentingnya satwa-satwa ini dalam menjaga keseimbangan ekosistem di laut. Diharapkan warga Kampung Mena semakin sadar akan pentingnya melindungi satwa yang hampir punah serta menyadari masih banyak jenis lain yang bisa dimanfaatkan dari hasil laut.

Selain kuisioner, juga diedarkan poster yang memuat daftar biota laut yang dilindungi di TNTC dan dipasang di tempat umum. Adapun biota laut yang dimaksud yakni kima (kima pasir dan kima cina), triton trompet, nautilus berongga, batu laga, kepala kambing, ketan kenari, ketam tapak kuda, ikan napoleon, ikan kakatua hijau, lumba-lumba, hiu paus, paus pilot, duyung, penyu sisik, penyu hijau, penyu ridel, penyu belimbing. Dengan menunjukkan gambar dari masing-masing jenis, masyarakat dapat mengetahui dan mengerti jenis-jenis yang dimaksud.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini