BBKSDA Jatim Amankan Tengkorak yang Diduga Tengkorak Karnivora Besar

Selasa, 08 September 2020

Malang, 7 September 2020 - Balai Besar KSDA Jawa Timur (BBKSDA Jatim) segera menindaklanjuti berita terkait penemuan tengkorak kepala yang diduga bagian tubuh dari karnivora besar di aliran Sungai Metro, Kota Malang. Tim Seksi Konservasi Wilayah VI selanjutnya mendatangi padepokan sekaligus kantor dari Komunitas Jelajah Jejak Malang “Kalimetro” di Kelurahan Merjosari. Mamat Ruhimat, SH. mengatakan bahwa akan mengirim tengkorak tersebut ke pihak LIPI di Bogor, untuk diketahui jenis satwa dan usia dari tengkorak tersebut.

“Sebelumnya, kami juga telah mengirim bagian tubuh satwa liar ke LIPI untuk uji laboratorium dalam kasus perburuan liar, jadi harap sabar dan mudah-mudahan secepatnya dapat segera kita ketahui hasilnya”, tambah Mamat.

Pada kesempatan tersebut tim BBKSDA Jatim bersama pihak Kalimetro sempat melakukan pengukuran dari tengkorak serta mendatangi lokasi  sungai tempat ditemukannya. Lokasi penemuannya di Sungai Metro, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Sungai Metro yang berhulu di Pengunungan Kawi ini masih diapit oleh areal persawahan dan rumpun Bambu yang masih cukup lebat.

Selanjutnya tengkorak tersebut diserahterimakan kepada pihak BBKSDA Jatim untuk dilakukan upaya lanjutan. Seperti diketahui seorang warga Kota Malang bernama Lulut Adi Sucipto menemukan kepala tengkorak yang diduga tengkorak karnivora besar pada Jumat, 4 September 2020 di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Metro, Kota Malang. Lulut mengatakan bahwa ia menemukan tengkorak itu di bawah batuan besar. Penemuan ini saat agenda rutin komunitas tersebut dengan menelusuri Sungai Metro di wilayah Kota Malang.

 

Sumber : Agus Irwanto - Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini