Kelompok Bunga Meranti Binaan BBKSDA Sumut Asah Skill Olah Kopi

Selasa, 08 September 2020

Praktek budidaya serta pengolahan kopi oleh Saabas Roastery Home

Simalungun, 7 September 2020. Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah II Pematangsiantar Balai Besar KSDA Sumatera Utara menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas Kelompok Bunga Meranti berupa Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Kopi di Saabas Roastery Home Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun pada Sabtu, 5 September 2020. Kegiatan diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, Seno Pramudito, S.Hut, ME. Dilanjutkan dengan penyampaian materi dan praktek budidaya serta pengolahan kopi oleh Saabas Roastery Home.

Ludianto Manik narasumber sekaligus pemilik Saabas Roastery Home telah menggeluti dunia kopi mulai dari tahun 2009. Banyak kisah pengalaman yang dibagikan kepada Kelompok Bunga Meranti. Saabas Roastery Home sendiri sudah menghasilkan produk olahan kopi dengan berbagai varian rasa. Ludianto Manik juga sebagai penggagas kopi konservasi dimana konsep konservasi ini sangat cocok diterapkan oleh Kelompok Bunga Meranti mengingat Nagori Purba Tongah berbatasan langsung dengan Cagar Alam Martelu Purba.

"Jangan pernah berpikir apakah produk yang akan kita hasilkan ini laku apa tidak. Bangun brand image. Manfaatkan sumberdaya yang ada. Jangan selalu mengeluh. Fokus pada tujuan. Semoga usaha produktif pengolahan kopi Kelompok Bunga Meranti berjalan lancar dan menghasilkan produk kopi unggulan" pesan Ludianto Manik kepada Kelompok Bunga Meranti.

Ketua Himpunan Masyarakat Kopi Arabika Simalungun, Henra Purba turut hadir dan Perwakilan dari UPT Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun, Pamuji yang semakin melengkapi kegiatan ini dan memberi semangat kepada Kelompok Bunga Meranti untuk menghidupkan kembali kejayaan kopi purba.

Pemberdayaan masyarakat di daerah penyangga kawasan konservasi masih merupakan program prioritas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumatera Utara, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Salah satu desa penyangga yang menjadi target pembinaan tahun 2020 ini adalah Nagori Purba Tongah Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun  yang merupakan desa penyangga Kawasan Konservasi Cagar Alam (CA) Martelu Purba melalui Kelompok Tani Bunga Meranti.

Berdasarkan Keputusan Dirjen KSDAE Nomor SK.114/KSDAE/SET/REN.2/5/2020 tanggal 12 Mei 2020 tentang Daftar Penerimaan Bantuan dan Jumlah Barang yang akan Diserahkan kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2020, Kelompok Bunga Meranti akan menerima Bantuan Ekonomi Produktif berupa peralatan pengolahan kopi dan akan mendapatkan kegiatan peningkatan kapasitas dimana peningkatan kapasitas harus inline dengan bantuan yang akan diserahkan.

Sumber : Lisbeth - Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini