Balai TN Wakatobi Transplantasi Karang Bersama Kelompok Dewara Desa Darawa

Selasa, 08 September 2020

Kaledupa, September 2020. Kelompok Dewara, Desa Darawa bersama Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kaledupa Balai Taman Nasional Wakatobi pada tanggal 7 September 2020 melaksanakan kegiatan transplantasi karang menggunakan metode MARRS sebanyak 85 media yang ditanam di perairan Desa Darawa. Kegiatan ini untuk meningkatkan usaha ekonomi produktif masyarakat melalui bidang perikanan. Disamping itu, kegiatan ini ditujukan sebagai media pembelajaran bersama antara masyarakat dengan pihak Taman Nasional Wakatobi. Adanya kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga dan melindungi terumbu karang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan transplantasi terumbu karang sebagai salah satu upaya dalam memulihkan ekosistem yang terdegradasi di perairan Desa Darawa.

Penanaman anakan karang pada media dilakukan dengan menggunakan metode MARRS  dimana dalam 1 media transplantasi terdapat 15 anakan karang. Dalam kegiatan kali ini, media yang ditanam sebanyak 85 media dengan total jumlah anakan sebanyak  1275 bibit anakan, dengan luasan daerah yang ditransplantasi sekitar 50 m.

Pelaksanaan kegiatan transplantasi karang ini tentunya memakan waktu yang tidak sebentar, lebih kurang selama 2 minggu masyarakat telah melakukan pengerjaan media yang selalu didampingi oleh pihak Taman Nasional Wakatobi. Sebanyak lebih kurang 50 orang masyarakat Desa Darawa khususnya kelompok Dewara ikut  berpartisipasi, adanya gotong royong anggota kelompok tentunya akan menguatkan rasa kebersamaan baik antara sesama anggota kelompok maupun masyarakat sekitar dan pihak Taman Nasional.

Kegiatan transplantasi karang bersama masyarakat ini didukung penuh Balai Taman Nasional Wakatobi, melalui bantuan modal operasional kegiatan. Tidak hanya dari segi konservasi, tapi juga dari segi ekonomi masyarakat mendapatkan manfaat langsung berupa upah pengerjaan baik itu pengerjaan media, pengambilan bibit, pengikatan bibit, hingga pemasangan media. Selain itu, Kegiatan transplantasi karang ini tentunya akan menambah pemahaman masyarakat mengenai cara yang tepat untuk melakukan transplantasi karang tanpa merusak terumbu karang itu sendiri, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk ikut serta menjaga dan melestarikan ekosistem terumbu karang.

Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi, Darman S.Hut, M.Sc, menyampaikan bahwa kegiatan transplantasi yang kita laksanakan hari ini seperti tabungan jangka panjang yang manfaatnya tidak akan pernah habis, baik dari segi ekologi maupun ekonomi. Dengan berbagai manfaat yang dapat diperoleh tentunya kegiatan transplantasi karang ini diharapkan menjadi percontohan bagi masyarakat desa-desa penyangga di Taman Nasional Wakatobi, khususnya di Pulau Kaledupa.

Sumber : Prima Sagita, S.Hut – Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama Balai Taman Nasional Wakatobi

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini