BBTN Gunung Leuser Latih 30 Ibu Rumah Tangga Sekitar Kawasan

Sabtu, 05 September 2020

Blangpidie, September 2020. Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) menggelar pelatihan pembuatan produk makanan khas di Grand Lauser Hotel Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh. Acara digelar selama 3 hari, 2-4 September 2020 dalam rangka pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat sekitar Taman Nasional Gunung Leuser.

Sebanyak 30 orang peserta berasal dari Desa Pasie Lembang, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan dan Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya. Seluruh peserta yang seluruhnya kaum Ibu ini tampak antusias mengikuti rangkaian acara dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Narasumber dari Fakultas Pertanian Unsyiah, SMKN 2 Blangpidie dan Balai Besar TN Gunung Leuser dihadirkan untuk berbagi ilmu. Materi pelatihan terdiri dari teori dan praktek pembuatan nata de coco, abon ikan dan makanan khas Aceh berupa pisang sale dan kue adee.

“Kita berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas sdm terutama ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar kawasan TNGL” ujar Fitriana Saragih, Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan BBTN Gunung Leuser.

Fitri menambahkan “Ke depan, masyarakat akan mandiri dalam perekonomian melalui alternatif penjualan produk makanan sehingga tidak lagi bergantung pada hutan”.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat yang dilakukan BBTN Gunung Leuser, selain penguatan kelembagaan, pemberian bantuan sosial dan pendampingan.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser [teks&foto@bbtngl| 04092020]

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini