Resort Port Numbay Bentuk Kelompok Kemitraan Konservasi

Rabu, 02 September 2020

Jayapura, 2 September 2020. Resort Port Numbay BBKSDA Papua membentuk kelompok Kemitraan Konservasi pada Selasa, (1/9). Kegiatan tersebut berlangsung di rumah warga, Bapak Kortis Komba, yang beralamat di Kelurahan Angkasa, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

Pihak-pihak yang hadir dalam kegiatan adalah Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Port Numbay, tim Balai Besar KSDA Papua, dan masyarakat setempat.

Kelompok Kemitraan Konservasi tersebut bernama Kebinime, yang diambil dari bahasa suku Dani di Pegunungan Tengah Papua. Kebinime berarti kebun lama yang ditanami kembali. Dalam konteks Kelompok Kemitraan Konservasi ini, Kebinime dapat mengandung arti pemulihan ekosistem.

Rencananya, Kelompok Kebinime akan melakukan pemulihan ekosistem di Kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop. Jenis pohon yang akan mereka tanam adalah bintangur (Calophyllum sp) dan kasuari (Casuarinaceae sp).

Kelompok Kebinime memilih Ester Komba sebagai ketua, dengan anggota berjumlah sembilan orang. Dalam melaksanakan program-program, Kelompok Kebinime akan didampingi oleh Adhen P., Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dari Balai Besar KSDA Papua. 

Kelompok Kebinime menyatakan dukungan yang tulus terhadap kegiatan pemulihan ekosistem di kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop. Nantinya mereka akan terlibat dalam penanaman pohon, serta merawat hingga pohon-pohon tersebut tumbuh dewasa.        

Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut., M.SI., menyampaikan bahwa Kelompok Kemitraan Konservasi merupakan salah satu pilar konservasi di tingkat tapak. Keberadaan mereka ibarat ujung tombak yang menyukseskan kerja-kerja konservasi, termasuk pemulihan ekosistem. Lebih dari itu, pembentukan Kelompok Kemitraan Konservasi merupakan salah satu implementasi dari 10 cara baru kelola kawasan konservasi, yaitu masyarakat sebagai subyek.

“Saya ucapkan selamat atas terbentuknya Kelompok Kebinime, semoga tetap bisa bekerja dengan tulus sampai ke masa mendatang,” kata Edward memungkasi pertanyaannya. (djr)

Sumber: Balai Besar KSDA Papua

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini