Masyarakat Desa Puangaja Sibolangit Serahkan Kucing Kuwuk ke BBKSDA Sumatera Utara

Rabu, 02 September 2020

Sibolangit, 2 September 2020 - Bertempat di Taman Wisata Alam Sibolangit, Ngikut Kata Tarigan, menyerahkan 2 (dua) ekor anak Kucing Kuwuk (Prionailurus bengalensis), berjenis kelamin jantan, ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diterima langsung Petugas Medis Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit Zakia Sheila Faradilla, S.KH disaksikan Suranta Tarigan penduduk Desa Sibolangit, Kepala Resort CA/TWA Sibolangit Samuel Siahaan, SP., Perawat Satwa PPS Sibolangit Rodiah dan Mahasiswa PKL Institut Pertanian Bogor (IPB) Ahmad pada Senin pagi, 1 September 2020, warga Desa Puangaja Sibolangit,. 

Dalam keterangannya Ngikut Kata Tarigan, menjelaskan bahwa kedua anakan Kucing Kuwuk tersebut ditemukan di sekitar  kebun sawit dekat perladangan penduduk, saat ditinggal induknya. Untuk menghindari gangguan dari satwa pemangsa lainnya serta keberadaan masyarakat yang lalu lalang ke ladang melintasi lokasi tersebut, Ngikut Kata Tarigan berinisiatif untuk segera menyelamatkan satwa dimaksud.

Kemudian atas saran warga lainnya, Suranta Tarigan, yang mengetahui bahwa Kucing Kuwuk merupakan salah satu jenis satwa liar yang dilindungi undang-undang, mengarahkannya untuk menyerahkan kedua satwa tersebut  ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort CA/TWA Sibolangit untuk dititipkan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS).

 

Masyarakat yang menyerahkan 2 (dua) ekor Kucing Kuwuk dan diterima petugas medis PPS Sibolangit

PPS Sibolangit merupakan tempat perawatan dan rehabilitasi satwa sementara yang diperoleh dari penyerahan masyarakat dan patroli pengamanan satwa liar, khususnya  di wilayah kerja Balai Besar KSDA Sumatera Utara sebelum dilepasliarkan kembali kehabitatnya di hutan.

Kedua satwa yang diperkirakan berumur 3 minggu selanjutnya ditangani oleh tim medis di PPS Sibolangit. Himbauan kami, bagi masyarakat yang mengetahui dan menemukan keberadaan satwa Liar yang dilindungi,  bisa diantar langsung ke Kantor Balai Besar KSDA Sumatera Utara Jl. SM. Raja Km 5,5 No 14 Marendal Medan atau langsung ke PPS Sibolangit di Km. 38 Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang. Peran serta kita dalam penyelamatan satwa merupakan bagian penting dalam upaya konservasi mempertahankan dan melestarikan keberadaannya di alam liar agar tidak punah.

 

Sumber: Samuel Siahaan, SP., (PEH Pertama) - Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini