Memelihara Bibit Tanaman untuk masa depan

Selasa, 01 September 2020

Jember, 1 September 2020. Musim kemarau yang mulai dirasakan di wilayah Taman Nasional Meru Betiri, membuat kondisi alam di sekitar kawasan terasa panas dan gersang. Kondisi ini menyebabkan tanaman semakin sulit untuk tumbuh hidup dan berkembang. Begitupula kondisi Pohon Beringin (Ficus benjamina) yang di tanam oleh Bapak Dirjen KSDAE Ir Wiratno di Blok Kandang Motor, Resort Andongrejo SPTN Wilayah II Ambulu pada saat kunjungan ke TN Meru Betiri, tanggal 28 Januari 2020.

Anggota Resort Andongrejo pada hari Selasa tanggal 1 September 2020, melakukan pemeliharaan tanaman monumental tersebut melalui pembersihan gulma semak belukar dan penyiraman air agar pohon beringin tersebut tidak mati dan mampu menahan panas dan gersangnya cuaca di kawasan TN Meru Betiri. Pemantauan terakhir Pohon tersebut tetap mampu bertahan dan tumbuh dengan ketinggian 75 cm. Selain itu pemeliharaan dilakukan juga pada tanaman pokok di zona Rehabilitasi.

Heman Sutresna sebagai Kepala Resort Andongrejo melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Resort Andongrejo melalui kegiatan Patroli dan Pendampingan masyarakat khususnya Petani yang mengelola lahan di zona rehabilitasi di TNMB, harapannya dengan tumbuhnya pohon monumental tersebut mampu dijadikan contoh bagi Petani Rehabilitasi bahwa menghijaukan kawasan TNMB khususnya zona rehabilitasi bukan merupakan hal yang mustahil.

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini