Inovasi untuk Kesejahteraan Masyarakat Penyangga TN Meru Betiri

Selasa, 01 September 2020

Jember, 1 September 2020. Segala daya upaya untuk mencapai kesejahteraan masayarakat, khususnya yang berada di sekitar kawasan TN Meru Betiri telah dilakukan harapannya dengan sejahteranya masayarakat kelestarian TN Meru Betiri dapat tercapai. Begitu pula yang dilakukan oleh Masyarakat Desa Wonoasri yang merupakan salah satau desa penyangga di kawasan TN Meru Betiri, didampingi oleh Petugas Balai TN Meru Betiri khususnya yang berada di resort Wonoasri, SPTN Wilayah II Ambulu beserta Aparat Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo, Jember mengembangkan usaha mikro berupa Batik Cap.

Inisiasi Pengembangan Batik Cap ini diwadahi dalam kelompok Batik Cap Wono Betiri Asri yang beranggotakan ibu rumah tangga di Desa Wonoasri. Pada Hari Selasa tanggal 1 September 2020 bertempat di Kantor Resort Wonoasri Kelompok tersebut telah berhasil memproduksi Batik Cap dengan motif tema flora dan fauna yang berasal dari kawasan TN Meru Betiri.

Agust Dwi Andono, selaku Kepala SPTN Wilayah II Ambulu menegaskan “Bahwa kegiatan Kelompok ini merupakan salah satu bentuk Pemberdayaan Masyarakat di sekitar Kawasan TN Meru Betiri”

“Kedepannya BTN Meru Betiri akan selalu memberikan dukungan bagi kegiatan tersebut agar masyarakat mampu mandiri dan berdaya serta tidak bergantung kepada sumber daya hutan saja”, kata Agust.

Kepala Resort Wonoasri M Andik Boediono menambahkan “bahwa pendampingan terhadap kelompok masyarakat Batik Cap Wono Betiri Asri perlu terus menerus dilakukan agar kelompok ini mampu memproduksi dan memasarkan batik cap buatan mereka sehingga bisa memberikan tambahan penghasilan bagi anggota kelompok tersebut”.

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini