Hasil Patroli Balai TN Batang Gadis di Dua Resort

Selasa, 25 Agustus 2020

Panyabungan, 25 Agustus 2020. Pelaksanaan Patroli Spatial Monitoring and Reporting Tool Resort Based Management (SMART RBM) dilaksanakan disekitar Desa Aek Nangali Kecamatan Batang Natal Resort 7 Sopotinjak dan sekitar desa Muara Bangko Kecamatan Ranto Baek Resort 8 Muara Bangko Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Muarasoma Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) pada bulan Agustus ini. Patroli SMART RBM ini bertujuan sebagai kegiatan preemtif dan preventif yang ditujukan guna mencegah, menghilangkan, mengurangi, menutup niat dan kesempatan seseorang atau kelompok untuk melakukan tindak pidana kehutanan serta mengumpukan data tentang flora/fauna yang mendiami kawasan taman nasional.

Sebelum melakukan perjalanan kelapangan tim terlebih dulu melaksanakan koordinasi ke perangkat desa Aek Nangali, yang merupakan desa pintu masuk tim melakukan patrol Smart RBM. Kepala Desa sangat mendukung kegiatan tim dalam menjalankan tugas patroli karena menurut pengakuan kepala desa kerusakan hutan sangat berdampak buruk juga terhadap desa nantinya. 

Metode Patroli Pengamanan Hutan dengan metode SMART RBM (Spatial Monitoring and Reporting Tool Resort Based Management) yaitu menjelajahi dengan cara menyelusuri jalur/track patroli yang sudah ada atau sudah pernah di tempuh dan juga dengan merintis atau membuka jalur baru untuk menuju tempat tertentu yang diinginkan dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis. Serta mengamati dan mencatat potensi kawasan taman nasional berupa pertemuan satwa baik langsung maupun tidak langsung serta tanaman langka yang ada di sekitar jalur patrol.

Dari hasil patroli tim melakukan explorer potensi flora fauna yang berada dikawasan Taman Nasional Batang Gadis dan menemukan berbagai jenis angrek dan kawanan primata (cek-cek/Surili) Presbytis thomasi berkisar 8 ekor di sekitar kawasan TNBG wilayah desa Ae Nabara. Tidak hanya fokus flora dan fauna, Tim Smart Patrol RBM juga fokus terhadap ancaman terhadap satwa di kawasan TNBG dengan ditemukannya perangkap satwa ukuran 100cm x 50 cm x 50 cm yang berbahan besi ukuran 6. Perangkap dimaksud berbentuk persegi panjang yang sudah di las, kemudian Tim  segera menghancurkan perangkap tersebut. Dari hasil data patroli ini, akan dikumpulkan kemudian diolah sebagai laporan yang dapat menambah kekayaan data Balai Taman Nasional Batang Gadis.

Ketua Tim patroli menyampaikan perlu dilakukan sosialisasi dan menjalin kerjasama kepada masyarakat desa secara berkelanjutan untuk menjaga kawasan TNBG, serta menjalin komunikasi dengan Pemerintah Daerah terkait Izin kendaraan besar masuk ke kawasan TNBG dan menyelaraskan program Pemda dan Balai TNBG.

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini