Niat Beli Monyet Pantai Justru Dapat Lutung Jawa, Yuyus Serahkan Ke BKSDA Yogyakarta

Selasa, 25 Agustus 2020

Yogyakarta 24 Agustus 2020. Balai KSDA Yogyakarta kembali menerima serahan satwa dilindungi dari Yuyus Yusuf, warga Mutihan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, hari Senin (24/08/20). Satwa yang diserahkan terdiri dari 2 (dua) ekor anakan Lutung Jawa (Trachypithecus auratus).

Adapun kronologis penyerahan satwa dilindungi tersebut berawal dari keinginan Yuyus untuk memberikan hiburan kepada anaknya yang merasa bosan karena tidak ada aktifitas di sekolah akibat pandemi Covid 19, dengan memelihara monyet pantai yang tidak dilindungi. Setelah melakukan transaksi secara online, disepakati harga satwa yang diperjualbelikan tersebut sebesar Rp 1.100.000,-. Satwa berasal dari Surabaya tersebut dikirim melalui kurir dan diserahkan kepada Yuyus di depan Jogja Expo Center (JEC) Jum'at malam (21/08/20). Sesampainya di rumah baru diketahui satwa yang dibawa pulang bukanlah monyet pantai sebagaimana yang dipesan, namun justru anakan lutung jawa yang dilindungi. Yuyus pun segera melapor untuk menyerahkan anakan lutung jawa tersebut kepada Balai KSDA Yogyakarta hari Sabtu (22/08/20).

Di tempat terpisah Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada warga Mutihan tersebut. "Apa yang dilakukan saudara Yuyus ini menjadi contoh baik bagi masyarakat. Dia sudah memiliki kesadaran untuk memelihara satwa yang tidak dilindungi, namun karena satwa yang dibeli ternyata jenis dilindungi, saudara Yuyus ini pun segera menyerahkan kepada negara melalui Balai KSDA. Semoga ke depan akan semakin banyak masyarakat yang memiliki kesadaran  seperti ini." tutup M. Wahyudi

Saat ini kedua anakan lutung jawa tersebut telah dibawa ke pusat penyelamatan dan rehabilitasi satwa BKSDA Yogyakarta di SFF Bunder Gunungkidul untuk dilakukan tindakan perawatan selanjutnya.

Sumber : Sujiyono - Polhut Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini