Memasuki Tahun Ketiga PKS, Balai TNAL dan Burung Indonesia Melaksanakan Rapat Evaluasi

Jumat, 14 Agustus 2020

Sofifi, 12 Agustus 2020 - Dalam rangka mengevaluasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Balai TN Aketajawe Lolobata (TNAL) dengan Burung Indonesia periode 2018-2022, maka dilaksanakanlah rapat bersama guna melihat sejauh mana pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Burung Indonesia pada periode 2019-2020. Lebih lanjut, rapat ini juga mengusung agenda diskusi bersama terkait rancangan dokumen RKT Burung Indonesia periode 2020-2021 (tahun ketiga PKS).

Benny Siregar selaku perwakilan Burung Indonesia memaparkan capaian pelaksanaan 9 program yang tertuang dalam RKT 2019-2020. Secara umum, program utama telah menunjukkan progres  sebesar 50% hingga 100%. Namun selama pelaksanaan, Beliau mengaku bahwa masih terdapat beberapa kendala terhadap program lainnya yang belum berjalan optimal, salah satunya program Eco Camp yang terkendala karena adanya pandemik Covid-19.

Menanggapi paparan Burung Indonesia, Kepala Balai TNAL, T. Heri Wibowo, S.Hut., M.Eng., menyoroti terkait program Kesepakatan Pelestarian Alam Desa (KPAD), yang mana wujud kolaboratif bersama Balai TNAL agar diimplementasikan kedepannya sesuai kondisi yang berkembang di desa-desa penyangga.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, R. Ramadhan, SP., meminta laporan insidensial setiap tahunnya sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak.

Rapat lalu dilanjutkan dengan diskusi bersama terkait rancangan dokumen RKT Burung Indonesia periode 2020-2021. Berbagai masukan diberikan oleh pihak Balai TNAL untuk penyempurnaan rancangan dokumen tersebut.

Pada akhir rapat, Kepala Balai TNAL kembali mengingatkan agar data dan informasi hasil survei populasi burung paruh bengkok di kawasan TNAL agar didiseminasikan di Balai TNAL. Hal tersebut disanggupi oleh perwakilan Burung Indonesia dan meminta waktu selama sepekan kedepan untuk menindaklanjutinya.

 

Sumber: Aries Rafli (Pengendali Ekosistem Hutan) - Balai TN Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini