Aksi Bersih Sampah Balai Taman Nasional Kepulauan Togean di Desa Penyangga Cagar Biosfer

Senin, 20 Juli 2020

Ampana, 20 Juli 2020.  Salah satu isu yang kian mengkhawatirkan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir adalah persoalan sampah. Hal ini menimbulkan berbagai masalah terkait kesehatan, daya dukung lingkungan, sampai ke daya saing ekonomi kita. Dalam rangka penanganan sampah di Kabupaten Tojo Una-Una yang merupakan Cagar Biosfer Togean Tojo Una-Una maka pada hari Jumat, 17 Juli 2020 Pemerintah Daerah Tojo Una-Una melalui OPD Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean, Kecamatan Ratolindo, Polres Tojo Una-Una, Dinas Perikanan Tojo Una-Una, Komunitas Sepeda Ampana serta masyarakat Desa Labuan melakukan kegiatan bersih-bersih pantai sepanjang Desa Labuan. Desa Labuan merupakan zona penyangga Cagar Biosfer Togean Tojo Una-Una yang memiliki pantai  yang cukup indah dan menjadi lokasi bagi pengunjung untuk berfoto dan bahkan melakukan aktivitas mandi-mandi di laut.

Terus menjaga keindahan Pantai Labuan maka semua pihak perlu menjaga kebersihan lingkungan sekitar pantai. Kegiatan bersih-bersih pantai ini diharapkan akan mewujudkan Desa Labuan sebagai Desa Wisata, seperti yang telah diketahui bahwa ada beberapa lokasi wisata yang ada di Desa Labuan seperti Tanjung Lawaka dan kampung Wana-Warni. Budayakan untuk tidak membuang sampah di laut, karena laut bukan tempat sampah ujar Kepala Balai, Bapak Ir. Bustang pada saat bertemu dengan beberapa kelompok masyarakat.

Indonesia merupakan Penghasil Sampah plastik nomor 2 terbesar di dunia setelah Cina, maka dari itu Pemerintah memiliki visi agar Indonesia harus bebas sampah pada tahun 2020. Untuk mencapai visi tersebut tentunya harus didukung oleh semua pihak baik Pemerintah, Swasta dan masyarakat.

Sumber : Fahmi - Bagian Humas Balai Taman Nasional  Kepulauan Togean

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini