Patroli Persiapan Wisata Dalam Masa New Normal di TN Matalawa

Jumat, 26 Juni 2020

Waingapu, 22 Juni 2020. New normal atau biasa disebut masa tatanan baru dalam situasi pandemi COVID-19 di kawasan wisata alam akan segera dilaksanakan. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Direktur Jenderal KSDAE pun telah memberikan arahan-arahan untuk membuka kembali lokasi-lokasi wisata alam yang daerahnya masuk pada lokasi dengan resiko rendah.

Kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)yang berada di 3 Kabupaten, di Nusa Tenggara Timur, yaitu Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, dan Sumba Barat menjadi salah satu lokasi yang akan dibuka. Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut para penikmat wisata alam agar dapat berkunjung dengan nyaman.

Salah satunya adalah patrol yang dilakukan di lokasi wisata. Sejumlah polisi kehutanan menyisir jalur wisata Air Terjun Matayangu yang berada di Blok Hutan Manurara, Kabupaten Sumba Tengah. Mereka menemukan sejumlah pohon tumbang yang menutupi jalur wisata. Pembersihan diupayakan dengan memotong dan mengangkat pohon tumbang tersebut sehingga jalur wisata dapat dilewati dengan aman. Selain itu, mereka juga menemukan sejumlah jejak babi hutan yang diperkirakan berjumlah 20 ekor di sepanjang perjalanan mereka menuju air terjun. Hal ini dapat berarti bahwa hewan liar tersebut berkembang biak dengan baik selama jalur wisata ditutup saat pandemi COVID-19.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanadaru Laiwangi Wanggameti

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini