Tingkatkan Pengembangan Wisata Alam Lumajang, Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru Ajak Bupati Lumajang Kerjasama

Minggu, 21 Juni 2020

Lumajang, 19 Juni 2020. Untu meningkatakan pengembangan wisata alam, Balai Besar Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Pada Jum’at 19 Juni 2020 melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman & perjanjian kerjasama tentang penguatan fungsi kawasan TNBTS melalui program pengembangan wisata alam di Seksi PTN Wilayah III Bidang PTN Wilayah II Lumajang. Penandatanganan antara Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie dengan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang.

Direktur Jenderal KSDAE, Wiratno turut bergabung melalui media zoom cloud meeting. Beliau memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang dan Balai Besar TNBTS atas kerja bersama melalui koordinasi serta komunikasi intens sebagai bukti sinergi Pemerintah Pusat & Pemerintah Daerah. Wiratno juga menyampaikan optimalisasi peran masyarakat sekitar kawasan sebagai subjek dalam pengelolaan kawasan dengan menitikberatkan pemberdayaan masyarakat (community development) Desa Ranu Pani melalui pembangunan secara bertahap (Multiyears) serta pemeliharaan & restorasi Ranu Pani sebagai lumbung air. Penekanan 3 prinsip kerjasama/kolaborasi (Mutual Respect, Mutual Trust & Mutual Benefit) bagi masyarakat sekitar dalam pengelola kawasan untuk mendukung local champion dalam mendorong perubahan & narasi positif pembangunan lingkungan sehingga dapat mendorong konservasi sebagai gerakan bersama, gotong royong menjaga lingkungan yang sudah indah (Memayu hayuning bawono).

Tak ketinggalan Bupati Lumajang juga turut menyampaikan bahwa ini merupakan sejarah bagi Kabupaten Lumajang karena bisa mengoptimalkan seluruh potensi unggulan di Kabupaten Lumajang. Untuk itu, tugas Pemerintah Kabupaten Lumajang setelah ini adalah melakukan pengembangan akses dan infrastruktur wisata alam dengan prinsip tidak mengganggu lingkungan namun memperbaiki lingkungan. Masyarakat harus menjadi bagian dari keberkahan TNBTS sehingga kedepan TNBTS tidak hanya menjaga alam, tetapi juga bisa bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang meningkatkan kualitas Sumber Daya Mausia di sekitar kawasan.

Sementara itu, Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie mengungkapkan, dalam rangka mengembangkan wisata yang ada di Kabupaten Lumajang, pihaknya sangat mendukung dan siap untuk membantu mengembangkan wisata alam yang ada di sekitar Semeru.

Setelah Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Balai Besar TNBTS dengan 4 Kepala OPD yaitu : Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Parwisata dan kebudayaan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup serta Kepala Dinas Perumahan dan kawasan Pemukiman, disaksikan oleh Bupati, Sekda, Pejabat.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini