Harmonisasi Alam, Konservasi dan Ekonomi Desa Bolangat Melalui Program Menanam

Minggu, 21 Juni 2020

Bolaang Mongondow, 18 Juni 2020. Bertempat di Desa Lolanan, Kecamatan sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow dilakukan kegiatan penanaman sebagai rangkaian Hari Konservasi Alam Nasional. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) dengan stakeholder terkait yang di pelopori Resort Lolanan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Maelang. Sebanyak 1750 bibit di tanam yang terdiri dari kemiri 1000 pohon, durian 500 pohon dan cempaka 250 pohon.

Camat Sangtombolang dan unsur Muspika diantaranya polsek dan Koramil Sangtombolang serta kepala desa Bolangat beserta aparat dan tentunya masyarakat turut hadir. Penanaman dilakukan di pinggiran batas kawasan konsevasi, poin penting penanaman ini memberikan edukasi kepada masyarakat agar gemar menanam sehingga kawasan konservasi terjaga. Kawasan konservasi merupakan kawasan penyangga kehidupan masyarakat termasuk ekonomi dalam teori konservasi modern. Peran penting tanaman penyangga sangat menentukan dalam menopang kegiatan ekonomi, maka sangat perlu untuk menanam tanaman yang mengandung nilai unsur ekonomi yang tinggi termasuk jenis tanaman kemiri serta durian. Peran serta masyarakat merupakan kunci sukses dalam pengelolaan kawasan konservasi.

Drh. Supriyanto selaku kepala Balai Taman Nasional Bogani Nani wartabone mengajak masyarakat Desa Bolangat jangan pernah lelah untuk menjaga kelestarian kawasan konservasi yang merupakan asset bangsa. Peran serta masyarakat dengan inovasi menanam tanaman yang mengandung nilai ekonomi tinggi merupakan kunci keseimbangan harmonisasi alam dan masyarakat.

Sumber : Aris Udi Raharjo - Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini