Patroli RBM, Petugas Balai TN Tesso Nilo Temukan Kegiatan Ilegal Loging

Rabu, 17 Juni 2020

Resort Lancang Kuning Air Sawan, 12 Juni 2020 – Masih dalam keadaan pandemi, petugas Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) tetap laksanakan kegiatan pengamanan dan perlindungan kawasan hutan. Meski harus bekerja sesuai protokol pencegahan covid-19, tidak mengurangi niat para petugas untuk melaksanakan patroli rutin di kawasan TN Tesso Nilo. Patroli kali ini  dilaksanakan secara gabungan oleh petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I LKB TN Tesso Nilo bersama dengan TNI dan Brigdalkarhut TN Tesso Nilo. Tim melakukan patroli disekitar wilayah Resort Lancang Kuning Air Sawan SPTN Wilayah I LKB.

Dari keterangan petugas, pada saat kegiatan didalam kawasan hutan tim mendengar suara alat pemotong kayu. Pada saat itu tim langsung melakukan penyusuran ke arah sumber suara dan melakukan penyergapan. Pada saat melakukan penyergapan, pelaku tindakan illegal loging berhasil kabur melarikan diri dari petugas.

Dilokasi TKP, tim menemukan kayu olahan beragam jenis yang sudah ditebang oleh pelaku. Selain bukti kayu olahan, tim juga mengamankan barang bukti lain seperti sepeda motor, unit alat penebang pohon, pengait kayu, parang, dan alat pengolah kayu lainnya. Kepala Resort Lancang Kuning Air Sawan Bapak Dedi Ariska mengungkapkan bahwa kegaiatan patroli akan senantiasa dirutinkan untuk mencegah hal-hal serupa untuk tidak terjadi lagi dikemudian hari, sesuai dengan pernyataan Karest “illegal loging merupakan tindakan yang harus kita musnahkan. barang bukti yang kita peroleh saat ini akan kita amankan untuk segera ditindak lanjuti oleh yang berwenang. Kegiatan perlindungan dan pengamanan seperti patroli kali ini akan kita rutinkan untuk mencegah hal-hal seperti ini terjadi lagi” terang Kepala Resort.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini