Pencegahan Virus COVID-19 di Wilayah Kerja Balai Besar TN Teluk Cenderawasih

Rabu, 03 Juni 2020

Rabu, 3 Juni 2020 - Saat ini upaya pencegahan merebaknya virus Corona (Covid-19) di daerah sudah dilakukan hingga ke tingkat kampung. Tidak hanya oleh petugas dari Dinas Kesehatan, petugas dari Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC) pada Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah III melakukan kampanye dan sosialisasi upaya pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) di Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan pada 6-8 Mei 2020.

Mengingat jumlah pasien positif Corona yang terus bertambah, maka upaya ini dilakukan dengan harapan agar masyarakat semakin sadar dan waspada terhadap virus Covid-19. Demikian yang dikatakan Friska G. Sianturi, Penyuluh BPTN III Yembekiri.

“Sosialisasi ini merupakan inisiatif dari staf BPTN Wilayah III terkait Tupoksi mereka sebagai penyuluh", tutur Hernowo, Kepala Bidang Pengelolaan TN Wilayah III Yembekiri.

Dia meminta kepada staf guna menyampaikan pesan pentingnya menjaga lingkungan agar dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat, seperti menjaga hutan agar udara bersih dan tidak mudah sakit (batuk), kemudian juga makan ikan hasil tangkapan nelayan untuk membantu perekonomian dan dapat meningkatkan imunitas.

Sosialisasi dilakukan dengan melakukan kunjungan langsung ke rumah-rumah, hal ini sesuai dengan instruksi pemerintah agar tidak menimbulkan kerumunan massa. Masyarakat merespon kegiatan ini secara baik dan terbuka, karena virus Covid-19 sudah menjadi permasalahan yang meresahkan.

“Ada beberapa masyarakat yang hanya mendengar kabar saja, tahunya agar rajin mencuci tangan dan memakai masker tetapi tidak mengetahui gejala dan pencegahannya lebih dalam”, kata Friska Sianturi.

Membeli Hasil Laut Masyarakat Saat Pembukaan Sasi

Sebelumnya, pada bulan Maret 2020 dilakukan pembukaan Sasi oleh masyarakat Kampung Menarbu, Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama. Sasi ini bertujuan untuk memulihkan dan menjaga laut dan seluruh isinya agar tidak mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh aktivitas penangkapan. Areal laut yang sebelumnya ditutup dari pengambilan hasil laut sejak dua tahun lalu, akhirnya dibuka kembali. Areal seluas 1.194 hektar yang masuk ke dalam BPTN Wilayah II Wasior ini dibuka selama dua bulan untuk dilakukan pengambilan hasil lautnya.

Hasil dari Sasi tersebut sebagian dibeli oleh BBTNTC sebagai upaya dalam menjaga perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Corona.

“Sasi ini tidak hanya dilakukan di Kampung Menarbu saja, namun dapat dilakukan juga di kampung-kampung lain di seluruh wilayah TNTC”, Pesan Bernardus Imburi, Bupati Teluk Wondama.

Kepala BBTNTC (Ir. Ben Gurion Saroy, M.Si) mengatakan, “Sasi ini akan dilakukan di seluruh wilayah TNTC, baik di Kabupaten Teluk Wondama, dan juga di Kabupaten Nabire, dengan skema Sasi Permanen dan Sasi Buka Tutup seperti yang sedang dilakukan saat ini”.

 

 

Upaya Pencegahan Covid-19 di Kantor BBTNTC

Di kantor Balai Besar TNTC, upaya pencengahan penularan Covid-19 dilakukan dengan menyediakan tempat-tempat mencuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, penyediaan hand sanitizer di setiap ruangan kerja, penyediaan penambah daya tahan tubuh, pembagian masker dan membagi jam kerja ASN agar tidak serentak bekerja di kantor, sebagian ASN bekerja dari rumah (Work from home/WFH).

Penyesuaian jam kerja berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) No. 50/2020 tentang Perubahan Kedua atas Surat Edaran Menteri PANRB No. 19/2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

ASN BBTNTC juga diminta untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi dalam upaya mengendalikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini bermanfaat dalam rangka pelaksanaan surveilans kesehatan penanganan Covid-19. Oleh karenanya, ASN diharapkan bisa mengajak keluarga dan masyarakat sekitar untuk turut mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut.

 

Sumber: Balai Besar TN Teluk Cenderawasih

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini