Padu Serasi Kelola Wisata Alam Dengan Budaya Lokal Banyuwangi

Kamis, 28 Mei 2020

Jember - Taman Nasional Meru Betiri, 28 Mei 2020.  Menghadapi era new normal, Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) sudah menyiapkan rencana pengembangan wisata alam yang saat ini sedang terpuruk di tengah terpaan badai covid19. Obyek daya tarik wisata alam di wilayah kerja Kabupaten Banyuwangi menjadi prioritas pengelolaan wisata TN Meru Betiri, sehingga perlu adanya padu serasi dengan konsep pengelolaan wisata Pemerintah Daerah (Pemda) Banyuwangi. Bahkan Pantai Sukamade yang merupakan pantai peneluran satwa dilidungi yaitu Penyu Hijau, Penyu Lekang, Penyu Sisik, dan Penyu Belimbing sudah menjadi ikon wisata Kabupaten Banyuwangi dengan konsep “Diamond Triangle” bersama dengan Kawah Ijen dan Pantai Plengkung.

Bertempat di Ruang Kerja Bupati Banyuwangi, Kepala Balai TN Meru Betiri melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus memaparkan rencana program pengembangan wisata Pantai Sukamade dan Teluk Hijau (27/5/2020).

“Sukamade dan Teluk Hijau merupakan wisata potensial yang berkelas premium, jadi pembangunan sarana dan prasarana disana harus mencerminkan arsitektur budaya dan adat Banyuwangi,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Menurut Kepala Balai TN Meru Betiri Maman Surahman pengembangan wisata di Pantai Sukamade akan mempertahankan keaslian dan keutuhan kawasan, selain itu perlu mempertimbangkan aspek “animal welfare”.

“Perlu kehati-hatian jangan sampai kegiatan wisata mengganggu aktivitas penyu yang sedang bertelur di Pantai Sukamade, tapi kita juga akan selalu memperhatikan keamanan dan kenyamanan pengunjung” jelasnya. Dalam kesempatan ini juga Maman mengungkapkan bahwa menghadapi era new normal perlu adanya terobosan bersama dalam merencanakan konsep pengembangan wisata di TN Meru Betiri, dengan tetap melibatkan masyarakat sebagai penggerak utama kegiatan wisata alam. Bupati Banyuwangi sangat mendukung rencana tersebut dan akan membantu memfasilitasi dengan pihak-pihak terkait.

Balai TN Meru Betiri berharap melalui kegiatan pengembangan wisata alam bersama masyarakat, visi misi sebagai destinasi wisata edukasi akan tercapai, sesuai dengan branding TN Meru Betiri Conservation, Education, Adventure.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Narahubung: Kepala Balai Taman Nasional Meru Betiri - Maman Surahman, S.Hut., M.Si. - 082119830908

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini