Eco Action Pemulihan Karang Bersama Masyarakat di TN Kepulauan Seribu

Rabu, 20 Mei 2020

Pulau Kelapa, 19 Mei 2020. Pandemik Covid-19 sejak bulan Maret 2020 menimbulkan dampak di berbagai lini, salah satunya perekonomian masyarakat di kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Sebagai upaya membantu masyarakat untuk bertahan, Balai Taman Nasional (TN) Kepulauan Seribu melakukan kegiatan Eco Action. Berupa kegiatan yang melibatkan masyarakat terdampak covid19,  mulai dari perencanaan hingga pemantauan untuk melakukan pemulihan ekosistem di dalam kawasan TN Kepulauan Seribu. Eco action ini, selain membantu masyarakat secara ekonomi juga membantu alam lebih terjaga di saat kawasan tidak berpengunjung.

Sebelumnya Pulau Pemagaran dan Pulau Sebaru dilakukan lokasi pemulihan ekosistem karang dengan melibatkan masyarakat. Kali ini Gosong Sulaiman menjadi lokasi pemulihan ekosistem selanjutnya. Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Pulau Kelapa mengajak masyarakat dalam pembuatan media transplantasi karang yang akan ditanam. Sebanyak 6 (enam) orang masyarakat yang terdiri dari 3 orang pemandu wisata, 2 orang buruh nelayan dan 1 orang buruh bangunan.  

Media transplatantasi karang yang dibuat berupa beton berbentuk  piramid dengan lubang pada tiap sisi berukuran  70 x 70 x 40 cm (pxlxt). Lubang pada setiap sisi selain berfungsi sebagai sirkulasi arus air laut juga dapat dimanfaatkan sebagai fish shelter. Pada setiap modul beton ditanami maksimal 24 pcs bibit karang.

Media yang dibuat selama 10 hari sejak tanggal 11-20 Mei 2020 ini berjumlah total 50 modul beton. Modul modul ini rencananya akan ditanam di perairan Gosong Sulaiman pada bulan Juni mendatang.

Sumber: Mustalafin, S.Pi - PEH Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini