Siap Siaga Memasuki Musim Kemarau

Jumat, 15 Mei 2020

Waingapu, 15 Mei 2020. Sudah kira-kira 1 bulan hujan sudah tidak lagi membasahi Pulau Sumba khususnya kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa). Ini menandakan bahwa telah dimulainya peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau. Peralihan musim ini mewajibkan para pegawai untuk lebih ekstra waspada terhadap kebakaran hutan yang mengintai.

Dalam situasi penanganan wabah COVID-19, para petugas tetap aktif melaksanakan tugas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Salah satu yang dilakukan para petugas dalam menghadapi musim kemarau ini adalah melakukan usaha persuasif dengan memasang spanduk-spanduk larangan membakar hutan. Spanduk-spanduk ini dipasang di lokasi yang dilalui banyak orang dan rawan kebakaran seperti Resort Tanah Daru dan Resort Taman Mas.

Kebakaran hutan di kawasan TN Matalawa cukup umum terjadi karena kesengajaan pihak-pihak tertentu membakar kawasan hutan untuk menumbuhkan rumput baru bagi ternak, membuat jalan pintas, dan menghangatkan badan. Kebakaran hutan pada tahun lalu mencapai puncaknya pada bulan September yang menyebabkan para petugas 1 bulan penuh berada di lapangan untuk melakukan pengendalian kebarakan hutan.

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini