Jelang Lebaran Pengamanan Di Cagar Alam Pulau Saobi Diperketat

Kamis, 14 Mei 2020

Sumenep, 14 Mei 2020. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, personil Resort Konservasi Wilayah 13 Sumenep semakin memperketat keamanan Cagar Alam Pulau Saobi, 14 Mei 2020. Ini tak lepas dari mulai merangkak naik kebutuhan daging di masyarakat.

Patroli rutin lebih intensif dilakukan, baik siang maupun malam pada kawasan seluas 436,83 hektar tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya perburuan  di cagar alam yang menjadi habitat dari Rusa timor (Cervus timorensis).

Beberapa blok menjadi titk perhatian, karena sering dijumpai Rusa berkumpul. Termasuk jalan keluar dan masuk ke dalam kawasan yang memiliki tipe hutan musim dataran rendah itu.

Pulau Saobi sendiri merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Kangean, sebelah timur Madura. Dari Pelabuhan Kalianget Sumenep, masih dibutuhkan waktu satu hari perjalanan laut hingga ke pulau ini. Selain Rusa Timor, Cagar Alam Pulau Saobi juga dihuni oleh satwa endemik Burung Gosong.

Harapannya dengan dilakukan patroli pada malam hari dapat mengamankan kawasan cagar alam dari perburuan satwa liar khususnya jenis Rusa Timor.

Sumber Naskah : Didik Sutrisno, Penyuluh Kehutanan Pada Seksi Konservasi Wilayah IV Madura, Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini