Langgeng Basuki Bumi Tengger

Rabu, 06 Mei 2020

Malang, 5 Mei 2020. Memperingati Hari Bumi ke-50 tahun 2020, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru  (BBTNBTS) menyelenggarakan rangkaian kegiatan dengan tema “Langgeng Basuki Bumi Tengger” dari tanggal 22 April s/d 5 Mei 2020. “Langgeng Basuki Bumi Tengger”  bermakna sebagai  keselamatan dan kesejahteraan untuk masyarakat sekitar kawasan TNBTS, saling menjaga dan memberikan kebermanfaatan antara TNBTS dengan masyarakat sekitarnya. Terdapat empat kegiatan besar yaitu : Jaring Pengamanan Masyarakat Desa Penyangga Kawasan, Ngabuburit Tandur Uwit,  Talkshow Daring melalui IG TV, dan kontes foto eksotika Bromo Tengger Semeru. Peringatan Hari Bumi ke-50 BBTNBTS merupakan komitmen kuat dalam menjaga dan melestarikan bumi yang diharapkan mampu meningkatkan kesadaran kita untuk memelihara bumi sebagai  tempat tinggal mahluk hidup sekaligus kepedulian atas keberlangsungan  dan kesejahteraan  hidup bagi generasi sekarang dan yang akan datang. 

Kegiatan Jaring pengaman masyarakat desa penyangga kawasan merupakan bentuk komitmen BBTNBTS terhadap masyarakat  desa penyangga sekitar kawasan sekaligus meringankan beban kesulitan masyarakat  yang terdampak covid 19 dengan  cara pemberian bantuan dan pembelian produk masyarakat antara lain :

  1. Resort PTN Ranu Darungan : 14 Liter Madu Hutan dari Kelompok Tani Konservasi Madu Mahameru dan  85 pack Kopi Prede dari Kelompok Tani Konservasi Ranu Lingga Rekisi  Desa Pronojiwo Kabupaten Lumajang;
  2. Resort PTN Candipuro : Kerajinan Bambu dari Pokdarwis Sumbermujur Kabupaten  Lumajang;
  3. Resort PTN Ranupani : 67,5 kg Kentang dari masyarakat Desa Ranupani Kabupaten Lumajang;
  4. Resort PTN Senduro : 35 bungkus Olahan kripik pisang dari masyarakat Desa Burno  Kabupaten Lumajang;
  5. Resort PTN Gucialit : 20 pack Kopi dari kader konservasi Desa Gucialit Kabupaten Lumajang;
  6. Resort PTN Taman Satryan : 50kg Buah kesemek  dari Masyarakat Mitra Plhut Desa Taman Satryan kabupaten Malang;
  7. Resort PTN Gunung Pananjakan : 20 pack Souvenir Edelweis dari Kelompok Tani Hulun Hyang Desa Wonokitri Kabupaten  Pasuruan (on progress);
  8. Resort PTN Tengger Laut Pasir :  65 kg Kentang dari masyarakat  Desa Ngadisari, Kabupaten Probolinggo;
  9. Resort PTN Coban Trisula :  Olahan Terong Tengger dan Karika 20 pack  dari Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang.

“Ngabuburit Tandur Uwit” merupakan kegiatan implementasi fungsi konservasi ditengah isu pandemi dengan penanaman pohon jenis native sebanyak  1.238 bibit jenis Edelweis, Cemara Gunung, Pinang Jawa, Kesek, Kecubung, dan bamboo di beberapa lokasi TNBTS oleh petugas BBTNBTS dan Mitra BBTNBTS (MMP, MPA dan masyarakat desa)  dengan tetap memperhatikan  protokol keamanan covid 19.

Selanjutnya Talkshow daring seputar 3676 mdpl yang disiarkan langsung via IG TV @tnbromotenggersemeru dengan narasumber para pakar dan pemerhati lingkungan, yaitu (1) Wiratno, M.Sc (Direktur Jenderal KSDAE) yang dilaksanakan tanggal 5 Mei 2020 pukul 15.00-16.00 WIB, dengan tema : ngerumat bumi bebarengan; (2) Olivia Zalianty ( Aktris dan Duta Lingkungan Hidup) pada tanggal 3 Mei 2020 pukul 13.00-14.00 WIB dengan tema : perempuan dan kearifan local dalam merawat bumi; (3) Ramon Yusuf Tungka (Aktor, Explorer, dan aktivis lingkungan pada tanggal 3 Mei 2020 pukul 15.00-16.00 WIB dengan tema : Ibadah Pendakian, Hormat Gunung, Hormat alam dan Respek diri; (4) Johny Wiro (Tokoh Pecinta Alam Senior, Perintis TMS7 dan Pendiri Impala Universitas Brawijaya Malang) pada tanggal 4 Mei 2020 pukul 15.00-16.00 WIB dengan tema : Etika pecinta Alam dan sejarah Gunung Semeru; Swiss Winnasis (Penggiat Konservasi, Founder Burungnesia, dan owner Retrorika Café) pada tanggal 2 mei 2020 pukul 15.00-16.00 WIB dengan tema : konservasi kehati Bumi Tengger (Tantangan, Peluang dan Peran Citizen Science). 

Yang terakhir Kontes Foto Bromo Tengger Semeru yang diperuntukan bagi masyarakat umum dengan cara memposting foto-foto potensi TNBTS dengan tema Sosial Budaya Masyarakat Tengger, Landskap / Ekosistem  Kawasan TNBTS dan Keanekaragaman Hayati kawasan TNBTS. Diakhir acara talkshow diumumkan 3 orang pemenang dari masing-masing yaitu kategori Keanekaragam Hayati, Lanskap dan Sosial Budaya Masyarakat Tengger serta pemenang favorit.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini